Lima Hari Personil Polsek Payung sekaki dan Tim Gabungn Berjibaku Padamkan Api

Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati SH turun memimpin pemadaman api kebakaran lahan di Jalan Pariwisata Kelurahan Air Hitam, Rabu (21/06/2023). (Foto: Humas Polda Riau)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tim gabungan yang terdiri dari Polsek Payung Sekaki, BPBD kota Pekanbaru, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku melakukan upaya penyiraman dan pendinginan di lokasi Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) Jalan Pariwisata RT 006 RW 003 Kelurahan Air Hitam. Proses pemadaman sudah berlangsung sejak Sabtu tanggal 17 Juni 2023.

Dalam upaya penyiraman dan pendingin Karlahut oleh tim gabungan tersebut, tampak hadir Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra S.STP, M.Si, Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Novaldi S.Sos, Kasat Samapta Polresta Pekanbaru Kompol Maryanta dan Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati SH serta Kasi Kedaruratan BPBD Suhendri.

Pada kesempatan tersebut Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri R.P Siagian SIK.MH melalui Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati, SH menyampaikan, pada hari kemarin tim gabungan melaksanakan penyiraman dan pendinginan di lokasi Karlahut.

“Sudah 5 hari tim gabungan dari TNI/Polri BPBD, Manggala Agni dan MPA berjibaku memadamkan api di lokasi Karlahut dengan titik kordinat N 0,3154,174N101238616. Dan pada hari ini kami melaksanakan penyiraman dan pendinginan dikarenakan api menyala kembali dan masih terdapat kepulan asap di area yang luasnya kurang lebih dua hektar,” jelas Nursyafniati, Rabu 21 Juni 2023.

Lanjut Kapolsek, dalam upaya penyiraman dan pendinginan Karlahut tersebut pihaknya bersama tim yakni terdiri dari Polri 15 personil, BPBD 11 personil, Babinsa 1 Personil, Masyarakat Peduli Api 2 orang dan Manggala Agni 7 orang.

“Dalam upaya penyiraman dan pendinginan lahan yang merupakan tanah gambut dan semak belukar tersebut, tim agak menemui kesulitan dikarenakan lokasi tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua atau berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 1 Km. Sedangkan untuk debit air masih mencukupi,” beber Kapolsek.

Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati, SH menambahkan, hingga pukul 17.30 Wib sore, pendinginan lahan yang terbakar telah selesai dilaksanakan.

Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak yang berupaya untuk melakukan penyiraman dan pendinginan dari pagi hingga hingga sore, Akhirnya pendinginan selesai dilaksanakan,” tutup Nursyafniati. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Yusri

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews