Riau  

FKUB Provinsi Riau Gelar Rakerda ke-2 di Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, PEKANBARJ – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau menggelar Rapat Kerja (Rakerda) ke-2 tahun 2023 bertempat di Hotel The Zuri Komplek Transmart Pekanbaru, 24-25 Juli 2023.

Kegiatan Rapat Kerja Daerah ke-2 besok rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar, M.si dengan mengusung tema ‘Melalui Raker ke-2 FKUB Provinsi Riau Kita Bangun Kebersamaan dan Kerukunan Dalam Menghadapi Pemilu/Pilkada Tahun 2024 di Provinsi Riau’.

Sekretaris FKUB Provinsi Riau H Rasyidi Hamzah mengatakan, Raker FKUB ini merupakan agenda tahunan yang wajib dilaksanakan untuk menentukan arah organisasi secara profesional.

“Sebagai wadah organisasi forum yang dibentuk oleh Pemerintah dan perpanjang tangan Pemerintah dalam menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Riau khususnya,” ujarnya.

Rasyidi didampingi Ketua Panitia H Yana Mulyana menyebutkan, persiapan untuk acara sudah 95 persen. Ada sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Riau FKUB telah terbentuk dan setiap kabupaten mengirim 5 orang peserta satu ketua dan empat perwakilan agama. Kecuali FKUB Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah mengirim 10 peserta.

“FKUB juga mengundang Kepala Badan Kesbangpol Kab/kota sebagai undangan Kehormatan. Seluruh peserta dari daerah diinapkan di Hotel The Zuri,” lanjutnya.

Adapun agenda kegiatan antara lain pemberian penghargaan berupa piagam kepada seluruh Ketua FKUB se-Provinsi Riau, dan Kepala Badan Kesbanpol Riau, atas peran mereka dalam mewujudkan harmonisasi kerukunan imat beragama di Provinsi Riau.

Rasyidi menyampaikan penghargaan FKUB sebagai bentuk apressiasi atas  kerjasama dalam menjaga, memelihara dan merawat kerukunan umat beragama di daerah masing-masing.

“Penghargaan ini juga telah kami berikan kepada Bapak Gubernur, Kakanwil Kementerian Agama Riau, anggota DPRD, Bupati dan tokoh agama yang kami nilai berjasa dalam memberi dukungan terhadap berjalannya organisasi lintas agama. Serta terpeliharanya kerukunan umat beragama di Provinsi Riau,” jelas dia lagi.

Dalam kegiatan Rakerda nanti, kegiatan juga diisi dengan penyajian materi dari tiga orang narasumber yakni Ketua FKUB Provinsi Riau KH Abd. Rahman Qoharuddin, Dirjen Politik dan PUM Kementerian Dalam Negeri serta Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.HAN.

Rasyidi berharap kegiatan dapat berjalan baik dan lancar dengan menghasilkan rekomendasi terhadap kemajuan FKUB di masa akan datang. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *