Riau Sudah Punya Tiga Rumah Sakit Akreditasi Tingkat Paripurna

Riau Sudah Punya Tiga Rumah Sakit Akreditasi Tingkat Paripurna

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tiga rumah sakit milik pemerintah di Provinsi Riau telah berhasil meraih akreditasi tingkat paripurna, yaitu RSUD Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, dan RSJ Tampan.

Gubernur Riau, Syamsuar, menyatakan bahwa prestasi ini menjadi bukti bahwa program kesehatan di Riau semakin meningkat. Bahkan, saat ini RSUD telah dipercaya oleh Menteri Kesehatan untuk melaksanakan operasi jantung.

“RSUD Arifin Ahmad kini memiliki layanan unggulan dalam bidang jantung dan paru. Penyakit yang paling banyak di Riau saat ini adalah penyakit jantung, kanker, termasuk penyakit paru,” ujar Syamsuar pada saat penandatanganan nota kesepahaman antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan di Pelalawan.

Saat ini, pihaknya juga tengah mempersiapkan pengembangan RSUD Petala Bumi dengan fokus pada penyakit stroke. Pasalnya, di Riau belum ada Rumah Sakit khusus yang mampu menangani secara terpadu penyakit otak.

“Kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat Riau yang harus berobat ke luar provinsi bahkan ke luar negeri,”ucapnya.

Selain itu, hasil survei tahun 2022 menunjukkan bahwa Riau berhasil menurunkan prevalensi stunting menjadi 17 persen dari sebelumnya berada di angka 22 persen.

Namun, Syamsuar menyadari bahwa masih diperlukan upaya bersama agar penurunan angka stunting sesuai dengan target pemerintah, yaitu 14 persen.

Oleh karena itu, ia menyambut baik kolaborasi antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan RI. Dukungan dari berbagai pihak sangat penting dalam menekan angka stunting.

“Kami tentu menyambut baik MoU ini, karena dukungan perusahaan juga diperlukan untuk pelayanan kesehatan sekaligus menekan angka stunting di Riau,” pungkasnya.

Syamsuar menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen untuk melaksanakan integrasi layanan primer sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan masyarakat secara holistik.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews