Provinsi Riau Mencatat Sejarah Baru: Pecahkan Rekor MURI Mi Sagu Goreng Terbanyak di Indonesia

Provinsi Riau Mencatat Sejarah Baru: Pecahkan Rekor MURI Mi Sagu Goreng Terbanyak di Indonesia

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Provinsi Riau mencatatkan prestasi dengan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk mi sagu goreng terbanyak di Indonesia.

Sebanyak 2.800 porsi atau kotak plastik mi sagu berhasil disiapkan dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam rangka kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Provinsi Riau pada tahun 2023. Acara tersebut berlangsung di halaman kantor Gubernur Riau pada hari Ahad, tanggal 30 Juli 2023.

Produksi mi sagu ini melibatkan 46 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Provinsi Riau dan beberapa daerah lainnya. Penghargaan Rekor MURI untuk penjualan mi sagu terbanyak tersebut diterima oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dari Customer Relations Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Lutvi Syah Pradana.

Gubri Syamsuar merasa gembira dengan pencapaian ini karena Provinsi Riau yang terkenal dengan penghasil sagu akhirnya berhasil meraih Rekor MURI. Dia berharap prestasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan kuliner daerah.

Selain itu, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Oddo Manuhutu, juga berkesempatan mencicipi mi goreng sagu khas Provinsi Riau tersebut dan menyatakan bahwa rasanya enak.

Pemecahan rekor MURI penjualan sagu terbanyak se-Indonesia ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan BBI dan BWI di Riau. Kegiatan BBI dan BWI berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada hari Ahad, tanggal 30 Juli 2023.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pameran atau bazar dari 150 UMKM, serta berbagai lomba dan pertunjukan seperti lomba fashion show, lomba grup band lokal, lomba pantun, bazar kuliner, dan lomba rebana. Malam puncak acara akan dimeriahkan oleh penampilan dari Band Radja.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews