Seratusan Jalur dari Dua Kabupaten Hiasi Tepian Lubuok Sobae

Arena pacu jalur Tepian Lubuok Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir.

LAMANRIAU.COM, BASERAH – Seratusan jalur calon peserta telah tampak menghiasi Tepian Lubuok Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Minggu 13 Agustus 2023. Di sepanjang arena juga tampak dihiasi oleh berbagai macam warna tenda atau kajang masing-masing tambatan jalur tersebut.

Dari pantauan awak media di lokasi, semarak arena dan antusias yang begitu tinggi juga tampak dari keikutsertaan para jalur-jalur utusan masing-masing keterwakilan, yang berasal dari dua kabupaten yang bertetangga, yakni Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri (sebelumnya Indragiri Hulu).

Toni, salah seorang warga yang dijumpai di sekitaran arena pacu jalur dimana daerah asal pacu jalur di tanah Melayu tersebut menyatakan sangat senang dengan akan dilaksanakannya event kebudayaan yang menjadi kebanggaan Kabupaten Kuansing.

Alhamdulillah, tahun ini (2023, red) tampaknya pecahkan rekor lagi, dimana jumlah jalur yang hadir melampaui angka seratus. Jumlah ini tidak akan dijumpai di tepian manapun,” ujarnya.

Selain itu, Boby yang merupakan salah seorang penjaga kajang jalur dari salah satu peserta jalur yang akan berlaga menyampaikan, ia sudah tiga hari ini berada di lokasi tersebut.

“Sudah hari ke tiga di sini, persiapan dan uji coba arena juga sudah mulai dilakukan,” ucapnya. 

Event ini, kata Boby, adalah yang ditunggu-tunggu, apalagi hadiahnya cukup besar dan menarik. Dimana biasanya hadiah saat ini sudah berubah menjadi uang, di Baserah ini memiliki ciri khas budaya yang asli seperti dulu-dulunya, ada hewan ternak berupa kerbau, sapi dan kambing juga. 

“Luar biasalah pokoknya,” ucapnya.***

Penulis/Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *