Jadi Timbo Ruang, Bupati Suhardiman Amby Dapat Tepukan Riuh Penonton Pacu Jalur

Aksi Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM menjadi Timbo Ruang Jalur Titian Akar Lubuak Balanti dari Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik menyedot perhatian penonton.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Suhardiman Amby Ak MM menyedot perhatian penonton pacu jalur di sepanjang Tepian Narosa Telukkuantan. Hal ini seperti terjadi pada hari kedua pacu jalur, Kamis 24 Agustus 2023, saat ia menjadi Timbo Ruang Jalur Titian Akar Lubuak Balanti dari Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik. 

Saat itu Jalur Titian Akar Lubuak Balanti mendapat jalan sebelah kiri, berhadapan dengan Jalur Datuak Panglimo Itam dari Desa Koto Cerenti, Kecamatan Cerenti yang mendapat jalan sebelah kanan. Jalur yang dikomandoi sang bupati terlihat memimpin jalannya pacuan.

Sepanjang hilir itu, terlihat sang bupati tak henti-hentinya memberikan semangat kepada seluruh anak pacuan Jalur Titian Akar Lubuak Balanti yang dikomandoinya. Penampilan menarik dan gayanya yang khas dalam memberikan komando ini tak ayal membuat ia mendapat tepukan riuh dari penonton yang memadati sepanjang Tepian Narosa Telukkuantan. 

Perjuangan gigih sang bupati bersama seluruh anak pacuan Jalur Titian Akar Lubuak Balanti ini tidak sia-sia. Jalur asal Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik ini akhirnya berhasil memenangkan pacuan tersebut dan berhak melaju ke pacuan hari kedua. 

“Saya benar-benar takjub melihat antusias bupati menjadi Timbo Ruang. Tentunya ini memberikan warna yang berbeda di Festival Pacu Jalur 2023 ini,” ungkap Darwis, salah seorang pengunjung yang berada di tribun penonton.

Hal yang sama disampaikan oleh Fauzi (45) salah seorang wisatawan yang datang dari Provinsi Sumatera Barat. Meski baru sekali ini menonton pacu jalur, ia mengaku takjub melihat festival kebudayaan masyarakat Kuansing ini. 

Terlebih selepas bertanding, seluruh anak pacuan dari kedua jalur yang tadinya berpacu, terlihat saling bersalaman. 

“Artinya, budaya pacu jalur mampu mempererat jalinan silaturahmi antar sesama masyarakat dari seluruh desa di Kuansing,” tuturnya. 

Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa Telukkuantan berlangsung selama lima hari, 23-27 Agustus 2023. Event ini diikuti oleh 193 jalur, yang mana 163 jalur dari Kabupaten Kuansing sendiri dan 30 jalur berasal dari kabupaten tetangga, Indragiri.***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *