IKKS Pekanbaru Ikut Semarakkan Malam Apresiasi Seni Budaya FPJ 2023

IKKS Pekanbaru ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Festival Pacu Jalur (FPJ) Tradisional 2023 di Telukkuantan.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Festival Pacu Jalur (FPJ) Tradisional 2023 di Telukkuantan. Partisipasi ini yakni dengan ikutnya tampil menyemarakkan malam hiburan masyarakat di Taman Jalur Telukkuantan, Sabtu 26 Agustus 2023.

Hal ini disampaikan Sekretaris IKKS Pekanbaru Arman Lingga Wisnu, Minggu 27 Agustus 2023 di Telukkuantan. Menurutnya, tim seni yang tampil adalah kelompok yang mencintai seni budaya dan sudah terlatih di bidangnya.

“Sumbangsih itu sebagai bentuk menjaga kelestarian budaya Kuansing dan menghibur masyarakat,” ujar Arman.

Sebelum tampil, kata Arman lagi, kelompok seni tersebut sudah berlatih dan mendapatkan pembekalan yang baik. Sehingga, pada saat tampil di malam kesenian terlihat bagus dan sukses.

Sementara itu, Bendahara IKKS Pekanbaru Sardianto menambahkan, penampilan kelompok seni yang tampil itu adalah bentuk  penyaluran bakat warga Kuansing di perantauan.

“Karena warga rindu kampung halaman, pulang dengan menampilkan kreasi seni untuk menghibur penonton dan memotivasi warga Kuansing agar selalu mencintai seni lokal,” ujarnya. 

Pada kesempatan lain, sebagai pengisi acara, Nariman Hadi mengaku senang IKKS Pekanbaru yang dapat tampil dalam acara malam seni budaya tersebut. Baginya, bisa menampilkan sejumlah kreasi seni di panggung terbuka Tepian Narosa saat FPJ berlangsung adalah prestasi.

“Tentunya kami berharap acara seperti ini dapat berkelanjutan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Adapun prosesi acara kata Nariman, diawali dengan penabuhan canang oleh lima orang mondek-mondek Kuansing. Dilanjutkan, dengan pembacaan tombo, pantun nasehat, nyanyian dan puisi. 

Acara ditutup dengan menampilkan lagu “Kuantan Tanah Tumpah” oleh seluruh peserta. Acara disutradarai oleh sebagai koreografer tari asal Kuansing Epi Martison. 

Seperti diketahui, FPJ Tradisional yang digelar di Tepian Narosa Telukkuantan selama lima hari sangat sukses dan meriah. 

Terlihat setiap hari puluhan ribu  pengunjung dari berbagai kecamatan se Kuansing dan kabupaten di Riau memadati Kota Telukkuantan. ***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *