Himpaudi Pangean Sosialisasi Program PAUD Holistik Integratif

Himpaudi Kecamatan Pangean melaksanakan kegiatan rutin Kelompok Kerja Guru (KKG), Kamis (07/09/2023).

LAMANRIAU.COM, PANGEAN – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), melaksanakan kegiatan rutin Kelompok Kerja Guru (KKG). Kegiatan diadakan, Kamis 07 September 2023 di Gedung Lembaga SPS Assaqina Desa Padang Tanggung, Pangean.

Kegiatan yang dilakukan rutin dua kali dalam sebulan tersebut untuk peningkatan kompetensi pengelola dan pendidik di lembaga non formal untuk anak usia dini di Kecamatan Pangean. Adapun tema yang diangkat adalah “Lembaga Non Formal di Kecamatan Pangean menuju PAUD Holistik Integratif (HI)”.

Ketua Himpaudi Kecamatan Pangean Radiati Astuti, S.Pd yang menjadi pemateri dalam acara tersebut mengatakan, saat ini di Kecamatan Pangean sudah ada lima lembaga yang masuk ke karegori PAUD Holistik Integratif. Untuk itu bagi pendidik dan pengelola harus terus meningkatkan kompetensi agar lebih memahami tujuan lembaga ke depan.

Lebih jauh Radiati menjelaskan, PAUD HI meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan. Dengan demikian diharapkan akan tercipta kondisi yang nyaman dan aman di lembaga tersebut.

Selain itu, kata Radiati, ke depannya seorang pendidik harus memiliki kompetensi sesuai literasi keilmuan.

“Kita tidak boleh lagi dianggap seorang guru yang tidak memiliki kompetensi,” ujar Guru Penggerak Kecamatan Pangean itu. 

Tidak tertutup kemungkinan ke depannya, kata Radiati, syarat administrasi di Dapodik harus seorang sarjana. Untuk itulah Himpaudi Kecamatan Pangean sudah melakukan kerjasama dengan sebuah lembaga penyelenggara pendidikan Anak Usia Dini. 

“Tujuannya bagaimana teman-teman pendidikan bisa mendapatkan ijazah S1,” terangnya.

Sementara Sekretaris Himpaudi Kecamatan Pangean Mardha Tilla Liza, S.Pd menjelaskan, Himpaudi Kecamatan Pangean terdiri dari 23 PAUD dan 75 orang tenaga pendidik dan pengelola. 

“Mulai semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 semua pendidik dan pengelola harus tertib administrasi. Kami himbau semua stakeholder lembaga bisa memahami dan menjalankan,” tutupnya. ***

Editor/Penulis:: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *