Umum  

Latih UMKM Kelola Keuangan, UIR Pengabdian Masyarakat di Desa Bukit Batu Bengkalis

BENGKALIS , LAMANRIAU.COM – Civitas akademika Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan pengabdian masyarakat tahun 2023 bekerja sama Pemerintahan Desa Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Satu sasaran yang ingin dicapai dalam pengabdian masyarakat ini melakukan pendampingan pengelolaan keuangan usaha UMKM di Kabupaten Bengkalis khususnya di Desa Bukit Batu.

Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan mengusung tema “pendampingan pengelolaan keuangan dalam rangka optimalisasi usaha UMKM di Kabupaten Bengkalis”.

Dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bukit Batu, pada Selasa (12/9/2023). Kegiatan diikuti 30 peserta pelaku UMKM yang ada di Desa Bukit Batu. Mereka mayoritas pengusaha produksi makanan kecil.

Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Riau tahun 2023 dibuka oleh Kepala Desa Bukit Batu Mahendra SIKom MM.

Dalam pemaparannya kepala desa menyambut antusias kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di wilayahnya.

Lebih lanjut ia berharap kegiatan ini dapat membantu para pengusaha UMKM mampu dan mengerti bagaimana cara mengelola keuangan usaha mereka.

Bertindak sebagai narasumber Dr Iyoyo Dianto SE MSi Ak CA, staf pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau.

Kemudian Dr Zulfikri Toguan SH MH staf pengajar Pascasarjana Universitas Islam Riau.

“Pengabdian diselenggarakan dengan cara melakukan pendampingan dalam pengelolaan keuangan bagi UMKM di Desa Bukit Batu,” ujar narasumber Dr Zukfikri, Senin (18/9/2023).

Ia menyebutkan, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan sederhana.

Pelaksanaan pengabdian memberikan manfaat informasi kepada pelaku UMKM akan manfaat menyusun laporan keuangan terutama dalam penyusunan anggaran usaha.

Kemudian memberikan pemahaman perhitungan anggaran usaha serta laporan keuangan sederhana. “Serta pelaku UMKM dapat memisahkan antara pengeluaran usaha dengan pengeluaran rumah tangga,” beber Dr Zulfikri.

Dampak dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan pelaku UMKM di Desa Bukit Batu, Bengkalis mengenai perhitungan pelaporan keuangan yang baik sesuai dengan kaedah yang berlaku serta manfaatnya. (rilis)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews