Riau  

Kunjungi Sajojo, Tim Kemenpan RB Beri Penilaian ZI WBK di Kaper BKKBN Riau

Tim Kemenpan RB mengunjungi Sajojo di Pekanbaru, Kamis (21/09/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kunjungan tim Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada kegiatan Sajojo (Satu Jam Bersama Ojek Online) dalam rangka penilaian Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Kamis 21 September 2023.

Selaku penggagas inovasi Sajojo, Tresnawati menjelaskan latar belakang yang mendasari lahirnya inovasi yaitu berawal dari rendahnya partisipasi pria ber KB yang disebabkan oleh kurangnya akses informasi kepada para pria tersebut hingga adanya anggapan bahwa urusan KB adalah urusan para ibu. 

Di sisi lain, para ayah yang sibuk bekerja tentu saja tidak punya waktu untuk mendapatkan informasi seputar KB apalagi pada pertemuan pertemuan yang sengaja mengundang mereka.  

“Dari permasalahan tersebut muncul ide untuk mendekatkan pelayanan langsung di tengah masyarakat dan meluruskan anggapan yang keliru selama ini dengan memberikan KIE langsung kepada para ayah yang sedang mencari nafkah di tengah sibuknya waktu mereka,” katanya. 

Diakui, dipilihnya ojek online sebagai sasaran KIE karena menjamurnya pengemudi ojek online di kota Pekanbaru. Biasanya para ojek online punya pangkalan tempat mereka beristirahat sambil menunggu orderan masuk.

“Setelah mereka mendapatkan informasi, saya memberikan kondom bagi Ojol yang sudah menikah dan memberikan stiker Sajojo sebagai bukti mereka sudah terpapar informasi dari kami. Selanjutnya  stiker Sajojo dipasangkan di motornya masing-masing. Tidak lupa saya memberikan kartu nama saya agar mereka dapat menghubungi saya sewaktu waktu, ini bukti bahwa program Sajojo tidak hanya melekat di motor saja tetapi juga di hati para ojol,” ucap Tresna.

Kemudian, Tresna juga memaparkan capaian KB Pria Kondom dan Vasektomi sejak lahirnya inovasi Sajojo tahun 2021 sampai saat ini. 

“Memang terlihat peningkatan capaian  yang sangat signifikan. Sehingga Tim Menpan RB mengapresiasi munculnya inovasi Sajojo dan berharap inovasi ini terus berlanjut. Satu pesan saya, tolong kondom jangan disalahgunakan,” ucapnya sambil tersenyum yang disambut riuh tawa para Ojol. 

Salah satu inovasi yang dikunjungi adalah inovasi Sajojo yang hari ini dilaksanakan di komplek kampus Universitas Riau. Sebanyak 30 orang Ojek Online yang berseragam hijau dan kuning di bawah label Grab dan Maxim berkumpul di bawah pohon rindang kampus Universitas Riau tempat mereka biasa mangkal.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, Mardalena Wati Yulia, didampingi Ketua Pokja Adpin, Sri Wahyuni, Ketua Pokja KS PK H. Said Masri, dan Ketua Pokja KB KR Supriyadi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *