Minim Minat Pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau

Minim Minat Pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau
Kepala bidang (Kabid) PPIK BKD Riau Endi Noveli

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sepekan setelah pendaftaran seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2023, situasi masih sepi peminat, terutama pada formasi Tenaga Kesehatan (Nakes). Hingga saat ini, belum ada satu pun pendaftar yang tercatat melalui portal resmi web bkd.riau.go.id.

Endi Noveli, Kepala Bidang Pengadaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, mengungkapkan ketidakpastian mengenai alasan di balik minimnya minat dari Nakes untuk mendaftar dalam seleksi PPPK. Meskipun Pemprov Riau menyediakan sebanyak 173 formasi untuk tenaga kesehatan, belum ada tanda-tanda pendaftaran dari kalangan mereka.

“Dalam beberapa hari ke depan, mungkin akan ada peningkatan pendaftar. Saat ini, kami belum dapat memastikan mengapa belum ada satupun tenaga kesehatan yang mendaftar. Pemprov Riau sendiri telah membuka 173 formasi untuk tenaga kesehatan,” ungkap Endi pada Kamis 28 September 2023.

Endi menjelaskan bahwa saat ini terdapat 515 pendaftar untuk formasi tenaga pendidik atau guru, 9 pendaftar untuk tenaga teknis, sementara untuk formasi tenaga kesehatan belum ada yang mendaftar.

“Dalam hal pendaftaran guru, setiap tahunnya memang banyak yang mendaftar karena guru sangat dibutuhkan di kabupaten/kota. Oleh karena itu, Pemprov menerima sebanyak 3.057 PPPK tenaga guru, sementara untuk tenaga teknis sejumlah 149 orang,” terang Endi.

Mengenai keluhan masyarakat terkait kesulitan memasukkan materai elektronik dalam pendaftaran, Endi menyatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menemukan solusi terkait masalah pendaftaran yang terkendala oleh e-materai.

“Beberapa pendaftar mengeluhkan kelambatan dalam proses pendaftaran, termasuk pembelian e-materai. Kami menunggu solusi dari BKN terkait masalah ini. Kami juga meminta perpanjangan pendaftaran khusus untuk formasi guru,” ujar Endi.

Tahapan seleksi administrasi dimulai pada tanggal 19 September hingga 3 Oktober 2023, dengan pendaftaran administrasi berlangsung dari tanggal 20 September hingga 12 Oktober 2023. Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada periode 13 Oktober hingga 16 Oktober 2023.

“Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, pendaftar diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggahan mulai tanggal 17 hingga 19 Oktober, dan hasil jawaban masa sanggah diumumkan pada tanggal 21 Oktober. Proses penarikan masa final dilakukan pada tanggal 27 hingga 29 Oktober, dan baru setelah itu dilaksanakan Seleksi Kompetensi pada tanggal November sampai 2 Desember,” tambah Endi.

Untuk diketahui, kuota PPPK Pemprov Riau tahun 2023 yang telah diterima sebanyak 3.379 formasi, berbeda dengan usulan yang disampaikan. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 545/2023, formasi PPPK di Riau sebanyak 3.376 orang, yang terbagi untuk pengisian tiga formasi, yaitu 3.057 PPPK tenaga guru, 173 tenaga kesehatan, dan 149 tenaga teknis lainnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews