Panwaslu Tenayan Raya Lantik PAW PKD Industri Tenayan

Plt Ketua Panwaslu Tenayan Raya, Sri Lestari, melantik Surya Budi sebagai Pengawas Kelurahan Industri Tenayan, Jumat (06/10/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru melantik dan mengambil sumpah Penggantian Antar Waktu (PAW) Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) Industri Tenayan, Jumat 06 Oktober 2023.

Pelantikan dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Panwaslu Tenayan Raya, Sri Lestari terhadap Surya Budi yang menggantikan Nanang Suprianto. Pelantikan ini terasa istimewa karena dihadiri Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru, Ferdy SIP. Hadir juga pimpinan Panwaslu Tenayan Raya, Muhammad Randa, Kepala Sekretariat Ovien Septriawan, A.Md dan PKD se-Kecamatan Tenayan Raya.

Sri Lestari dalam sambutannya mengatakan, proses PAW PKD Industri Tenayan tergolong cepat. “Prosesnya hanya sekitar tiga hari. Begitu PKD yang lama mengundurkan diri, langsung kita panggil penggantinya yang memang sebelumnya juga mengikuti penjaringan calon PKD. Alhamdulillah hari ini kita lantik dan kita ambil sumpahnya,” ujar Sri.

Kepada PKD Industri Tenayan yang baru, Sri minta langsung menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pengawas pemilu di tingkat kelurahan. Terutama menggenjot capaian progres uji petik pemilih untuk pemilu 2024 yang saat ini sedang dilakukan seluruh PKD.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Ferdy SIP dalam arahan mengatakan dengan sudah dilantiknya PAW PKD Industri Tenayan, diyakini membawa pengaruh positif terhadap kinerja Panwaslu Tenayan Raya secara keseluruhan.

“Mungkin yang selama ini sempat terjadi hambatan karena ada PKD yang kurang aktif, sekarang hambatan itu akan terurai. Jalankanlah tugas dan tanggungjawab dengan tetap menjunjung tinggi kode etik sebagai pengawas pemilu dan menjaga integritas,” pesan mantan Ketua Panwaslu Tenayan Raya ini.

Ferdy juga mengingatkan seluruh komponen di Panwaslu Tenayan Raya untuk fokus dalam menghadapi agenda pesta demokrasi bangsa. Hal ini mengingat pelaksanaan Pemilu sudah di ambang mata.

“Kesibukan sudah semakin meningkat. Apalagi sebentar lagi sudah masuk pada tahapan kampanye. Komunikasi dan koordinasi harus tetap terjaga tidak hanya di internal adhock pengawas saja, tapi juga dengan stakeholder yang terlibat,” pesan Ferdy.

Kehadiran Ferdy dimanfaatkan oleh PKD di Kecamatan Tenayan Raya sebagai ajang curhat dan diskusi. Curhat tentang kesulitan yang dihadapi PKD dalam pelaksanaan uji petik. Potensi-potensi pelanggaran pemilu dan praktik money politik juga disinggung di sesi diskusi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews