Menjelang Berakhirnya Masa Jabatan, Gubernur Riau, Asisten Hingga Istri Pergi ke Jerman

Menjelang Berakhirnya Masa Jabatan, Gubernur Riau, Asisten Hingga Istri Pergi ke Jerman

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar beserta rombongan dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke Jerman dalam kunjungan kerja menjelang akhir masa jabatannya. Kunjungan tersebut dilaksanakan sebagai tanggapan terhadap undangan resmi yang diterima dari Pemerintah Jerman. Syamsuar akan pergi ke Jerman bersama sejumlah anggota rombongan, termasuk para asisten dan ajudan, pada rentang waktu 20 hingga 28 Oktober mendatang.

Dalam daftar rombongan, beberapa nama yang turut serta dalam perjalanan ini antara lain istri Gubernur, Misnarni Syamsuar, Asisten I Masrul Kasmy, serta kepala bidang dari Dinas Pendidikan. Selain itu, tercatat juga nama istri Masrul, yaitu Tengku Reny Asmaharni, yang ikut serta dalam kunjungan ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Kamsol, mengkonfirmasi tujuan kunjungan tersebut. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan bagian dari program kerja sama Internasional antara Pemerintah Provinsi Riau dan Jerman.

“Kunjungan ini adalah respons terhadap undangan resmi dari pemerintah Jerman. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam konteks program kerja sama Internasional, yang melibatkan pengiriman siswa untuk magang dan kuliah di Jerman,” ungkap Kamsol pada Senin 9 Oktober 2023.

Kamsol juga menyebutkan bahwa rombongan dijadwalkan akan terbang ke Jerman sekitar tanggal 20 Oktober. Selama kunjungan, salah satu agenda yang direncanakan adalah mengunjungi pusat industri di Jerman.

“Jadwal pastinya adalah sekitar tanggal 20 Oktober. Selama kunjungan ini, kami akan mengadakan kunjungan industri dan merencanakan pengiriman siswa untuk kuliah di Jerman. Tahun ini, kami akan mengirimkan 10 SMA, SMK, dan sekolah unggulan,” tambah mantan Penjabat (Pj) Bupati Kampar tersebut.

Kamsol juga mengonfirmasi bahwa undangan tersebut ditujukan kepada Pemerintah Provinsi Riau, sehingga sejumlah kepala dinas juga akan ikut dalam perjalanan ke negara industri tersebut.

“Kami telah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Jerman. Mereka akan membuka program pendidikan vokasional yang berfokus pada kejuruan, yang memungkinkan siswa SMA dan SMK untuk kuliah sambil bekerja. Semua biaya pendidikan akan ditanggung sepenuhnya, dan program ini akan diselenggarakan secara gratis,” jelas Kamsol.

Sebelumnya, pada tanggal 14 September, Syamsuar mengajukan pengunduran diri dari jabatannya. Pengunduran diri tersebut kemudian diumumkan oleh DPRD Riau pada tanggal 5 Oktober lalu.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Erisman Yahya, mengonfirmasi keberangkatan tersebut, termasuk peserta yang ikut serta, mulai dari Gubernur Syamsuar hingga pejabat lainnya.

“Iya, ini merupakan undangan dalam rangka menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama beasiswa untuk mahasiswa Riau yang akan melanjutkan studi di Jerman. Untuk informasi lebih rinci, dapat diajukan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pak Kamsol,” ungkap Erisman pada Senin 9 Oktober 2023.

Berikut nama pejabat yang akan terbang ke Jerman:

1. Syamsuar (Gubernur)
2. Masrul Kasmy (Asisten I)
3. Imron Rosyadi (Kadis Tenaga Kerja)
4. Kamsol (Kadis Pendidikan)
5. Elly Wardhani (Kepala Biro Hukum)
6. Arden Semeru (Kabid SMK)
7. Selamet Heryadi (Kabag Protokol)
8. Raja Jeihan (Ajudan Gubernur)
9. Misnarni (Istri Gubernur)
10. Tengky Reni Azmahrani (Istri Asisten I)
11. Ilham Affandi (Travel Perjalanan)***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews