LAMR Lakukan Prosesi Pinangan kepada Bupati Inhu Jelang Hari Penabalan Gelar Adat

LAMR Indragiri Hulu (Inhu) menggelar prosesi meminang kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Kamis (12/10/2023) malam.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar prosesi meminang kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi di kediaman Dinas Bupati, Kamis 12 Oktober 2023 malam.

Peminangan ini merupakan prosesi adat jelang pengukuhan/penabalan gelar adat kehormatan yang akan diberikan kepada Bupati Rezita Meylani yang direncanakan digelar pada, Sabtu 14 Oktober 2023.

Seluruh prosesi digelar LAMR Inhu di kediaman Bupati dengan duduk bersila lengkap dengan tepak sirih.

Hadir dalam acara malam itu sejumlah pejabat Pemkab Inhu diantaranya para Asiaten, Staf Ahli serta beberapa kepala OPD.

Dimulai dengan pemberian tepak sirih dengan tradisi berbalas pantun. Selaku juru bicara peminang adalah Datuk Ismail dan juru bicara tuan rumah adalah Datuk Abdulah Sani.

Menandai pemberian tepak sirih itu Bupati Rezita turut mencicipi sirih pinang yang dibawa dan dilanjutkan dengan prosesi peminangan.

Datuk Raja Marwan selaku Timbalan LAMR Inhu menyampaikan kepada Bupati Rezita bahwa pemberian gelar adat ini berdasarkan aspirasi masyarakat adat dan hasil rapat Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Inhu.

Gelar adat kehormatan yang akan diberikan LAMR Inhu kepada Bupati Rezita adalah Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Kabupaten Indragiri Hulu. Usai penyampaian peminangan, acara berlanjut dengan pembacaan doa.

Bupati Rezita menyampaikan rasa terima kasihnya atas gelar kehormatan adat yang akan diberikan kepadanya. Ia pun berharap mampu menjalankan amanah tersebut.

“Semoga amanah dari masyarakat adat benar-benar mampu saya jalankan. Dan semoga saya mampu menjadi payung bagi masyarakat adat melayu Kabupaten Inhu,” tuturnya.

Rangkaian acara peminangan malam itu diakhiri dengan prosesi jemput sembah oleh Bupati Rezita kepada sang ibunda yang turut hadir mendampingi. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews