Kampar  

Hati-Hati! PLTA Koto Panjang Membuka Tiga Pintu Waduk dengan Ketinggian 40 Cm

Hati-Hati! PLTA Koto Panjang Membuka Tiga Pintu Waduk dengan Ketinggian 40 Cm

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, secara resmi membuka tiga pintu waduk pada Jumat 24 November 2023 siang, tepat pukul 14.00 WIB. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengonfirmasi pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang tersebut pada hari yang sama.

“Iya, informasinya benar. Kami telah menerima laporan bahwa PLTA Koto Panjang membuka tiga pintu waduk dengan ketinggian setinggi 40 sentimeter,” ujar Edy Afrizal.

Edy Afrizal menjelaskan bahwa pembukaan tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang dilakukan sebagai respons terhadap curah hujan yang tinggi di sekitar area waduk dan peningkatan aliran masuk yang menyebabkan elevasi waduk mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Dengan adanya pembukaan pintu waduk, kami memperkirakan akan terjadi kenaikan permukaan sungai Kampar sekitar 20-30 cm berdasarkan informasi yang kami terima,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Edy Afrizal memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar, untuk tetap waspada apabila ada pemberitahuan terkait pembukaan pintu waduk.

“Kami telah berkoordinasi dengan BPBD Kampar untuk menjaga kewaspadaan dalam menghadapi potensi dampak yang mungkin timbul akibat pembukaan pintu waduk. BPBD Kampar juga telah menyampaikan informasi terkini mengenai kondisi PLTA Koto Panjang kepada Camat, sehingga dapat disampaikan kepada desa-desa yang berdekatan dengan aliran sungai Kampar,” pungkasnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews