Umum  

Berhasil Tingkatkan SAKIP Jadi Sangat Baik, Pemprov Riau Terima Penghargaan dari Menpan RB

Pemprov Riau menerima penghargaan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) menjadi BB alias sangat baik dari Kementerian PAN RB.

LAMANRIAU.COM, BALI – Pemerintah Provinsi Riau berhasil meningkatkan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) menjadi BB alias sangat baik pada tahun 2023 ini.

Sehingga Pemprov Riau berhasil meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution dalam kegiatan penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Reformasi Birokrasi (RB), serta Zona Integritas (ZI) 2023, di Bali, Rabu 06 Desember 2023.

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’aruf Amin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada instansi, pemda dan semua pihak yang menerima penghargaan tahun 2023 ini.

Meski menunjukkan tren positif dengan kenaikan nilai rata-rata, Wapres mengingatkan agar instansi pemerintah tak cepat berpuas diri karena reformasi birokrasi adalah sebuah proses berkelanjutan.

Menurutnya, sejumlah capaian tersebut hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi semuapihak untuk terus berbenah.

“Berbagai kebijakan strategis reformasi birokrasi dan manajemen aparatur sipil negara harus dijalankan berkelanjutan, masif dan serentak tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah,” ujarnya.

Untuk diketahui, adapun beberapa upaya yang dilakukan Pemprov Riau untuk peningkatan SAKIP 2023 yakni, menyusun pedoman SAKIP melalui Peraturan Gubernur Riau nomor 20 tahun 2023 tentang pedoman SAKIP Provinsi Riau.

Selanjutnya, melalukan review laporan kinerja perangkat daerah, melakukan pendampingan perbaikan dokumen SAKIP daerah oleh tim SAKIP Provinsi Riau.

Melakukan peningkatan aplikasi Siapadia, serta coaching peningkatan SAKIP Provinsi Riau bersama Kemenpan RB. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews