Gubri Sambut Kedatangan Capres Anies Baswedan di Bandara Sebelum Kampanye di Riau

seorang pemuda, ditemukan meninggal dunia setelah jatuh dari kapal pompong di anak Sungai Siak, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru,

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, terlihat menyambut kedatangan Calon Presiden (Capres) 01 Anies Baswedan saat tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru, pada Rabu, 13 Desember 2023. Kedatangan Capres yang merupakan alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut bertujuan untuk melaksanakan kampanye dalam rangka Pemilihan Presiden 2024.

Pertanyaan muncul terkait apakah Edy Natar Nasution, yang memiliki status sebagai kepala daerah, diperbolehkan menyambut kedatangan seorang Calon Presiden pada hari kerja. Perlu diperhatikan bahwa Edy Natar Nasution adalah kader Partai Nasdem Riau.

Berdasarkan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pemilu, pasal 281 menyebutkan bahwa kepala daerah hingga kepala negara dapat mendukung salah satu Calon Presiden (Capres) atau melakukan kampanye, asalkan tidak menggunakan fasilitas dalam jabatannya dan telah mengambil masa cuti.

Menyikapi hal ini, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, menyatakan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyambutan Gubernur Riau terhadap Capres Anies Baswedan. Alnofrizal menyebutkan bahwa saat ini Bawaslu Riau belum dapat memastikan apakah Edy Natar Nasution menyambut kunjungan Capres tersebut sebagai bagian dari kampanye atau sebagai bentuk dukungan politik, ataukah terkait urusan pemerintahan.

Ia menjelaskan, “Kita belum dapat memutuskan apakah ini merupakan pelanggaran. Tentu, kita perlu melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan, guna memahami tujuan kehadirannya di sana.”***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews