IRAMA DESA Bupati Inhu Kunjungi Sejumlah Desa di Kecamatan Kelayang

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Program Ibu Rezita Menyapa Desa  (IRAMA DESA), Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, SE kembali berkeliling desa di Kecamatan Kelayang. Lima desa dan satu kelurahan menjadi lokasi kegiatan IRAMA DESA Gelombang II, Selasa 12 Desember 2023.

Taman Kanak-Kanak (TK) Mayang Terurai Desa Dusun Tua Pelang Kecamatan Kelayang, menjadi kegiatan pertama Bunda PAUD Kabupaten Inhu ini. Kedatangannya sekira pukul 09.00 WIB disambut riang gembira anak-anak TK disertai dengan pengalungan karangan bunga.

Dikesempatan itu turut ditandatangani Komitmen bersama TK/PAUD  Mayang Terurai serta penyerahan bantuan peralatan sekolah dari BRK Syariah Cabang Air Molek. Dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk 45 PKM di gedung serbaguna desa.

Dalam sambutannya Bupati Inhu Rezita Meylani menyampaikan bahwa tujuan Program IRAMA DESA ini adalah menjalin silaturrahmi dengan masyarakat desa di seluruh Kabupaten Inhu dengan menghadirkan beberapa pelayanan. Sejumlah pelayanan tersebut adalah, pelayanan administrasi kependudukan, kesehatan, pendidikan, perizinan dan pelayanan masyarakat lainnya yang diberikan untuk masyarakat Kecamatan Kelayang yang dipusatkan di Desa Simpang Kota Medan.

Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Sungai Banyak Ikan untuk penyerahan BLT DD. Disini, bupati meninjan kegiatan Lomba Memasak Nasi Goreng dalam rangka Hari Ibu. Rombongan pun berkesempatan untuk mencicipi masakan para peserta.

Kunjungan berlanjut ke Desa Sungai Pasir Putih untuk penyerahan BLT-DD sekaligus peninjauan pelatihan perangkat desa.
Dalam arahannya bupati berpesan agar pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi perangkat desa, dirinya berharap pelatihan ini bisa menambah ilmu bagi para perangkat desa.

“Ikuti segala peraturan yang berlaku agar kedepannya program-program yang direncanakan tidak bermasalah.” pesannya.

Selanjutnya Bupati Inhu menuju lokasi Pasar Simpang Kelayang Kelurahan Simpang Kelayang dalam rangka Kampanye Gerakan Anak Sehat Cegah Stunting. Kehadiran Bupati disambut kaum Ibu-ibu serta siswi SMPN 2 Kelayang.

Bupati Rezita yang ketika itu memegang payung karena hujan berinteraktif dengan kaum ibu dan para siswi SMPN 2 Kelayang.

Bupati Rezita menyebutkan bahwa angka stunting di Kabupaten Inhu pada tahun 2022 adalah 16.7%, dan berharap pada tahun 2023 akan jauh lebih menurun. Diminta peran aktif dari para kader kesehatan dan orang tua untuk bisa melakukan langkah-langkah yang inovatif agar bisa mencegah stunting dari dalam sehingga tidak ada lagi anak anak yang terkena stunting.

Kunjungan Bupati Rezita berlanjut ke Kantor Camat Kelayang untuk menghadiri kegiatan Pencanangan dan Sosialisasi Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas yang diikuti oleh tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Kelayang, Rakit Kulim dan Lubuk Batu Jaya.

Dalam sambutannya Bupati berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat benar-benar menjadi keluarga bahagia, keluarga yang berkualitas, keluarga sehat dan tidak ada permasalahan lainnya.

“Semoga kedepannya para kader semakin semangat dan kompak, mari bersama-sama kita ciptakan keluarga yang berkualitas di Kabupaten Indragiri Hulu,” ucap bupati.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan prasasti kampung keluarga berkualitas serta penyerahan BKB KIT yang diikuti oleh Tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Kelayang, Rakit Kulim dan Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Jelang sore, bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Simpang Kota medan guna melakukan peninjauan pelatihan pegawai syara’ desa, serta peninjauan lokasi pusat sejumlah layanan yang dihadirkan Pemkab Inhu.

Di akhir kunjungan Bupati turut menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sekaligus melakukan peninjauan pelayanan Puskesmas dan peninjauan UP2K di Desa Kota Medan. ***

Editor: Fahrul Rozi/Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews