Heboh, Pengungsi Rohingya Terlantar di Pinggir Jalan Sudirman

Pengungsi Rohingya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebanyak 13 pengungsi Rohingya yang terdiri dari 6 laki-laki, 6 perempuan, dan 1 balita ditemukan terlantar di pinggir Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, dan kehadiran mereka telah menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat setempat. Pihak Polresta Pekanbaru telah mengambil langkah dengan membawa mereka ke kantor Imigrasi Pekanbaru.

Menyikapi kedatangan pengungsi Rohingya tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution mengonfirmasi bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima surat dari Pemerintah Pusat yang meminta penampungan untuk para pengungsi tersebut.

“Kami menerima surat permintaan dari Pemerintah Pusat untuk menampung pengungsi Rohingya. Mereka datang dari Aceh, namun karena tidak dapat ditampung di sana, maka diarahkan ke Riau dan Sumatera Barat,” ungkap Gubri pada Jumat 15 Desember 2023.”

Dalam surat tersebut, Gubri menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru guna mengatasi kedatangan pengungsi Rohingya.

“Kami telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru terkait kedatangan pengungsi ini karena ada instruksi dari pusat,” ujar Gubri.

Namun, terkait langkah selanjutnya, Gubri menekankan perlunya diskusi dan kajian lebih lanjut. Pasalnya, isu pengungsi Rohingya menyangkut aspek kemanusiaan.

“Kami perlu mendiskusikan secara menyeluruh. Kita tidak boleh menolak tanpa pertimbangan, bayangkan jika situasi tersebut terjadi pada kita, hal itu sulit untuk dibayangkan,” ungkapnya.

Mantan Komandan Korem 031 Wirabima tersebut menegaskan bahwa masalah ini harus dipelajari lebih dalam agar tidak menimbulkan masalah di masa depan.

“Kita harus memahami masalah ini secara mendalam untuk mencari solusi yang tepat, dan masyarakat sebaiknya tidak langsung terprovokasi karena ini berkaitan dengan nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews