Pemko Pekanbaru Lakukan Normalisasi Drainase dan Sungai untuk Atasi Banjir

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru menjadi titik sasaran dalam upaya mengatasi banjir. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya melakukan penanganan, seperti memperbaiki drainase yang ada.

Lokasi tersebut, di antaranya Jalan HR Soebrantas, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Arifin Achmad, Jalan Riau dan Jalan Kaharuddin Nasution. Perbaikan drainase ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru dalam menangani masalah banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, mengaku sesuai arahan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bahwa pemerintah harus segera melakukan penanganan banjir. Ia menyebut dalam waktu dekat pemerintah kota melakukan penanganan jangka pendek.

Satu caranya dengan pembersihan dan mengeruk drainase lingkungan rawan banjir. Ia menyadari banyak drainase yang mengalami pendangkalan sehingga tidak bisa menampung air hujan.

“Kita akan bersihkan sedimen yang menyebabkan pendangkalan, sehingga membuat drainase tidak berfungsi,” ujarnya, Kamis 04 Januari 2024.

Pemerintah kota bersama instansi terkait melakukan normalisasi di sejumlah aliran sungai. Mereka bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III.

“Normalisasi ini terus kita lakukan, kita bakal lakukan normalisasi di Sungai Sail dan Sungai Sibam,” paparnya.

Pemerintah Kota Pekanbaru juga sepakat melakukan gotong-royong massal bersama forkopimda. Mereka bahu membahu dalam upaya mencegah banjir di lingkungan Kota Pekanbaru.

“Kita sudah sepakat bersama Forkopimda, dalam upaya penanganan banjir dalam jangka pendek,” ulasnya. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews