Kampar  

Bukaan Pintu PLTA Koto Panjang Akan Dilakukan Secara Bertahap Hari Ini

lamanriau

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang kembali melakukan peningkatan ketinggian bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) secara bertahap pada hari Sabtu 27 Januari 2024.

Penambahan ketinggian bukaan pintu waduk ini dilakukan sebagai respons terhadap peningkatan aliran masuk yang menyebabkan elevasi Waduk PLTA Koto Panjang, yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau, mengalami kenaikan.

Informasi ini disampaikan oleh Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, pada hari Sabtu 27 Januari 2024.

“Pihak kami ingin memberitahukan bahwa PLTA Koto Panjang sedang melakukan penambahan ketinggian bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate) secara bertahap, dimulai pada pukul 10 pagi dan dijadwalkan akan dilanjutkan pada pukul 1 siang,” ujar Cecep.

Cecep menjelaskan bahwa penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini terkait dengan peningkatan debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

Ia merinci bahwa pada pukul 10.00 WIB, penambahan ketinggian bukaan pintu pelimpahan adalah sebesar 5×40 cm dengan total bukaan pintu mencapai 5×110 cm. Hal ini diperkirakan akan menyebabkan kenaikan permukaan air sungai sekitar 40-50 cm. Sementara itu, pada pukul 01.00 WIB, penambahan ketinggian bukaan pintu pelimpahan akan dilakukan sebesar 5×30 cm dengan total bukaan pintu 5×140 cm. Perubahan ini diperkirakan akan menyebabkan kenaikan permukaan air sungai sekitar 30-40 cm.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews