Persiapan TPS Terapung untuk 845 TPS Rawan Banjir di Riau

Persiapan TPS Terapung untuk 845 TPS Rawan Banjir di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, menyatakan bahwa sebanyak 845 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten kota di Provinsi Riau berpotensi terkena dampak banjir saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut dibuat saat rapat koordinasi untuk mempersiapkan distribusi logistik Pemilu 2024 di Gedung Daerah Riau pada Rabu 7 Februari 2024.

“Di Riau terdapat 845 TPS yang berisiko terkena dampak banjir. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memberikan arahan untuk mengantisipasi potensi banjir di TPS tersebut,” ujar Gubernur Riau.

Namun demikian, Gubernur Riau menyampaikan bahwa dari ratusan TPS yang berpotensi terkena dampak banjir, saat ini sebanyak 807 lokasi TPS telah surut dari banjir. Sementara itu, 35 TPS lainnya harus dipindahkan karena lokasi awalnya masih terendam banjir.

“Dengan demikian, saat ini hanya tersisa 3 TPS yang tidak dapat dipindahkan. Namun, KPU sedang mencari solusi untuk masalah ini,” ujar mantan Komandan Korem 031 Wirabima.

Lebih lanjut, Gubernur Riau menjelaskan bahwa berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, dalam beberapa hari ke depan wilayah Riau masih berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

“Kami berharap kondisi ini tidak akan menjadi kendala atau hambatan saat pemilihan nanti. Telah disampaikan pula bahwa jika terjadi banjir di banyak lokasi pemilihan saat Pemilu, kemungkinan akan dibuat TPS terapung. Hal ini sudah dipersiapkan di tempat-tempat tertentu yang rentan terkena banjir,” tambahnya.

Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir, menjelaskan bahwa kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terkena banjir saat ini mengalami fluktuasi. Namun, sejak Januari, jumlah TPS yang terendam banjir cenderung menurun.

“Kami telah mengidentifikasi TPS yang terdampak banjir, yang berjumlah 845 TPS. Data tersebut telah kami kategorikan untuk menentukan mana TPS yang dapat dioperasikan dan mana yang tidak. Saat ini, hanya tersisa 3 TPS yang tidak dapat dipindahkan. Namun, data terbaru dari Rohil menunjukkan bahwa 2 TPS telah berhasil dipindahkan ke jalan, sehingga tidak ada TPS yang terendam banjir di sana. Sehingga, hanya 1 TPS di Rohul yang masih menjadi perhatian kami,” ungkapnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews