Riau  

Rupat Utara jadi Titik Lokasi Rukyatul Hilal Awal Ramadhan di Riau

Rupat Utara jadi Titik Lokasi Rukyatul Hilal Awal Ramadan di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kementerian Agama akan mengadakan Sidang Isbat untuk Menetapkan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, yang bersamaan dengan 29 Syakban 1445 H. Rukyatul hilal akan dipantau di 134 titik di Indonesia. Di Provinsi Riau, titik pengamatan berada di Pantai Rupat Utara, kabupaten Bengkalis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H. Agustiar, S. Ag, menyatakan bahwa Rukyatul hilal di Provinsi Riau akan dilakukan di Kabupaten Bengkalis.

“Sebagaimana yang ditetapkan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI bahwa pelaksanaan Rukyatul Hilal untuk Provinsi Riau dilaksanakan di Pantai rupat utara Bengkalis. Kita akan melakukan hilal pada tanggal 10 Maret bersama tim BHR Riau, unsur Perguruan Tinggi dan Pengadilan Agama serta ormas Islam,” katanya.

Agustiar juga menyampaikan apa yang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag sampaikan, yaitu bahwa “Pada hari rukyat, 29 Syakban 1445 H, tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -0°20’ 1,2” sampai 0°52’ 5,4” dengan sudut elongasi antara 2°14’ 46,8” sampai 2°41’ 50,4”.

“Sidang Isbat merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah”, kata Kabid Urais itu.

Sebagaimana hasil Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta, Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap,yaitu:

  • Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.
  • Tahap kedua adalah Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan secara tertutup setelah Salat Magrib. Selain menggunakan data hisab sebagai informasi, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal sebagai konfirmasi yang dilakukan oleh Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.
  • Tahap ketiga adalah konferensi pers untuk menyampaikan hasil sidang isbat, yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews