Dispusip Pekanbaru Sosialisasikan Opac dalam Program LiteraTour

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru memperkenalkan Online Public Access Catalog (Opac) kepada siswa SMPN 26 saat mengikuti program LiteraTour: Belajar Bareng Pustakawan, Rabu 21 Februari 2024.

Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk menginformasikan kepada siswa mengenai sebuah teknologi yang dapat mendukung pencarian informasi di perpustakaan menjadi lebih efisien.

“Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi kami selaku pengelola perpustakaan, tetapi juga bagi mereka yang menggunakannya,” ungkap Pustakawan Madya Reni Prasetyawati, S.Pi,. M.Si.

Lebih jelasnya, belajar penggunaan Opac dapat membantu mereka ketika mengunjungi perpustakaan yang lebih besar. Dengan Opac, siswa tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari buku secara manual di rak-rak perpustakaan.

“Tinggal masukan judul buku atau pengarangnya, kita bisa dengan cepat menemukan letak bukunya ada dimana. Ataupun ketersediaan buku tersebut, apakah masih ada atau sedang dipinjam,” jelasnya.

Literasi informasi ini merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program LiteraTour Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan literasi dan pengembangan diri mereka dengan cara yang menyenangkan.

“Sehingga para siswa akan semakin terdorong untuk menggunakan fasilitas perpustakaan dan meningkatkan minat baca serta keterampilan literasi mereka,” tutupnya. (ADV)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews