Normalisasi Drainase Jalan Arifin Ahmad Diperbantukan Alat Berat

LAMANRIAU.COM, PEKANABRU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) telah mengambil langkah konkret dengan mengerjakan normalisasi drainase utama yang mengaliri pembuangan sekitar Jalan Arifin Ahmad. Proses normalisasi ini diperbantukan oleh operasional alat berat untuk memastikan kelancaran aliran air.

Kegiatan normalisasi ini menjadi perhatian serius bagi PUPR Pekanbaru mengingat drainase yang lancar merupakan faktor krusial dalam mengatasi masalah genangan air di wilayah perkotaan. Bersama-sama dengan pejabat RT 04 RW 11 Kelurahan Tangkerang Barat, tim dari Dinas PUPR meninjau langsung lokasi normalisasi yang bertempat di Jalan Karya Bakti tepat dibelakang gedung RCH (Riau Creative Hub).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah melalui Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Ahmad Hidayat menyatakan, normalisasi ini dilakukan untuk menangani permasalahan tersumbatnya aliran air di kawasan sekitar Jalan Arifin Ahmad.

“Kami menemukan beberapa titik lumpuh akibat tumpukan sampah dan meningginya sedimen di beberapa bagian drainase,” ungkapnya, Rabu 28 Februari 2024.

Dalam peninjauan tersebut, ditemukan bahwa penyebab utama tersumbatnya air adalah tumpukan sampah dan peninggian sedimen di beberapa titik drainase. Melalui normalisasi ini, diharapkan aliran air dapat kembali lancar sehingga dapat mengurangi risiko genangan air di kawasan tersebut.

Langkah konkret ini menunjukkan komitmen Dinas PUPR Kota Pekanbaru dalam menjaga infrastruktur perkotaan serta memastikan kenyamanan dan keamanan bagi warga dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat diharapkan terus terjaga dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam hal pemeliharaan drainase untuk mencegah terjadinya masalah serupa di masa yang akan datang.

Dengan langkah ini, Dinas PUPR Kota Pekanbaru terus bergerak proaktif dalam menangani masalah infrastruktur perkotaan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan kota.

“Semoga dengan adanya giat normalisasi ini dapat memberikan dampak positif hingga menjadikan ini sebagai pondasi masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan drainase yang ada di tempat tinggal,” harapnya. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews