Riau  

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 Riau Dimulai Senin Besok

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 telah resmi dimulai di seluruh wilayah Provinsi Riau pada hari Senin 4 Maret 2024. Operasi ini, yang direncanakan berlangsung hingga 17 Maret 2024, bertujuan untuk menangani sejumlah pelanggaran tertentu.

Kombes Pol Taufiq Nurhidayat, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, menjelaskan bahwa operasi ini melibatkan kolaborasi antara personel Polantas Polda Riau dan semua anggota Polres di berbagai daerah.

“Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran akan perilaku berlalu lintas yang baik dan benar, dengan harapan dapat mengurangi jumlah pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan yang fatal,” ujar Kombes Taufiq  pada hari Minggu 3 Maret 2024.

Operasi ini terutama difokuskan pada unsur preemtif, yang mencakup imbauan, edukasi, dan sosialisasi. Dalam upaya pencegahan, polisi hadir di setiap titik untuk memberikan layanan kepada masyarakat dan pengguna jalan, serta menjadikan mereka sebagai pionir keselamatan dalam berlalu lintas.

Kombes Taufiq menyebutkan beberapa pelanggaran yang menjadi fokus utama, seperti penggunaan knalpot brong, melawan arus, tidak menggunakan helm, menggunakan handphone saat mengemudi, tidak mengikat sabuk keselamatan, dan melampaui batas kecepatan. Menurutnya, pelanggaran-pelanggaran tersebut merupakan penyumbang terbesar pada kasus kecelakaan.

Dalam penegakan hukum dengan tilang, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau melakukan tindakan secara selektif dengan memanfaatkan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), sehingga mengurangi tindakan manual.

“Kami berharap bahwa operasi ini akan membawa perubahan positif dalam menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib,” tandasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews