Umum  

F1 Powerboat Danau Toba 2024, Manfaatkan Peluang Ekonomi dan Dorong Investasi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix Of Indonesia F1 Powerboat 2024 di Kabupaten Toba pada tanggal 2-3 Maret 2024 telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Pernyataan ini disampaikan oleh Penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin, pada hari Senin, 4 Maret 2024.

F1H20 yang berjalan dengan lancar ini dinilai Hassanudin memberi citra positif bagi para wisatawan yang datang. Harapannya ini akan berdampak ke promosi wisata Sumut secara berkelanjutan.

“Lancarnya kegiatan ini akan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung atau wisatawan yang datang, hal itu tentunya bisa menjadi promosi wisata Sumut berkelanjutan,” ucap Hassanudin.

Promosi pariwisata berkelanjutan sangat penting untuk menjamin keberlanjutan industri pariwisata di suatu daerah. Oleh karena itu, diharapkan agar pariwisata tidak hanya mengalami lonjakan kunjungan saat ada acara khusus, tetapi dapat menarik wisatawan sepanjang tahun.

“Kita berharap dengan kesan baik yang diberikan saat event berlangsung, wisatawan pastilah akan balik lagi, ini yang kita kejar dari event-event ini, sehingga wisatawan tidak akan surut,” kata Hassanudin.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu menambahkan, bahwa kesuksesan F1 Powerboat pastilah memberikan efek yang sangat besar bagi masyarakat Sumut, khususnya Danau Toba.

“Dari hari pertama kita tadi lihat di jalan ada ribuan orang tumpah ke area sekitar venue, UMKM ramai, hotel atau penginapan penuh, ini hari kedua lebih ramai dari kemarin, kita optimis banyak perputaran uang di sana,” tuturnya.

Hassanudin menyatakan menerima laporan terkait tingkat okupansi penginapan, termasuk hotel dan homestay, yang mengalami peningkatan hingga 100 persen. Beliau berharap acara semacam ini dapat diadakan secara rutin di Sumatera Utara.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan, menyebut adanya peningkatan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional selama F1 Powerboat Danau Toba 2024. Event sport tourism berkelas internasional ini dianggap memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Penyelenggaraan event F1 Powerboat, sangat potensial untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Danau Toba, baik nusantara maupun mancanegara, Selain itu, juga untuk meningkatkan investasi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Danau Toba dan sekitarnya,” ujar Jimmy.

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews