Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru Punya Studio Mini

Studio Mini Perpustakaan Tenas Effendy Pekanbaru.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Guna meningkatkan literasi melalui pembelajaran berbasis media film, Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru menyediakan ruang mini studio. Di studio ini anak-anak bisa menikmati film edukasi yang menarik dan memiliki pesan yang bermanfaat.

Beberapa judul film yang kerap diputar saat ada kunjungan anak-anak sekolah diantaranya Budi Pekerti, Bullying dan Puteri Kaca Mayang.

Ruang mini studio merupakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dapat digunakan oleh sekolah maupun komunitas sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, pelatihan, atau acara berkaitan dengan media audio visual.

Dengan kapasitas yang mencapai 43 orang, ruang ini dapat menjadi tempat yang ideal untuk berbagai keperluan belajar dan berbagi pengetahuan dalam konteks audio visual.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH, M.Si mengungkapkan pengenalan salah satu ruang layanan perpustakaan menjadi upaya peningkatan literasi melalui pembelajaran berbasis media film.

“Apabila dilihat dari kemajuannya, teknologi dan industri perfilman sangat berhasil menarik minat generasi muda untuk menyaksikan film. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan, bagaimana perpustakaan, buku dan juga kegiatan literasi lainnya bisa sama menariknya di mata generasi muda,” ujarnya, Senin 04 Maret 2024.

Menonton film, lanjut Erna, merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program LiteraTour. Film yang diputar berperan sebagai penarik perhatian yang sifatnya menghibur sehingga siswa dapat lebih aktif dan termotivasi dalam belajar.

“Literasi bukanlah sekadar kegiatan membaca dan menulis saja. Lebih dari itu, literasi dipahami sebagai kemampuan mengakses, mencerna, dan memanfaatkan informasi. Inilah harapan kami, setiap anak mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis terhadap informasi apapun yang diterimanya,” katanya.

Untuk melakukan peminjaman ruangan, pihak yang berminat dapat mengirimkan surat permohonan resmi. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi layanan call center 0813-7809-1515. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews