Menyambut Bulan Suci Ramadan, Pemko Pekanbaru Gelar “Potang Mogang” pada Hari Senin

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menyambut bulan suci Ramadan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan untuk mengadakan acara “Potang Mogang” atau petang belimau di Tepi Sungai Siak. Kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Pekanbaru dalam menyambut bulan puasa. Acara tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Senin, 11 Maret 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Masriah, menegaskan bahwa kegiatan petang belimau akan tetap berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Acara ini akan dilaksanakan satu hari sebelum dimulainya bulan Ramadan dan akan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru beserta Forkopimda.

“Kita gelar sehari sebelum puasa. Kalau sesuai Jadwal mungkin Senin, mulai puasa tanggal 12 Maret,” ucap Masriah, Jumat 08 Maret 2024.

Seandainya ada perubahan jadwal, kata Masriah, pihaknya tinggal menyesuaikan saja. Untuk saat ini, kata Masriah, jadwal sudah ditetapkan pada Senin 11 Maret, sore.

“Seperti biasa kita ke Masjid Raya Pekanbaru, kemudian setelah itu ziarah ke Makam Marhum Pekan (Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah),” ujarnya.

Setelah melakukan ziarah ke makam pendiri Pekanbaru, acara dilanjutkan dengan Salat Asar berjamaah di Masjid Raya Pekanbaru. Selanjutnya, akan diadakan pawai atau arak-arakan untuk membawa air limau ke Rumah Tuan Kadi, tempat mandi balimau. Selama acara tersebut, akan ada sambutan dari walikota, diikuti dengan penyiraman anak yatim sebagai simbolis mandi balimaunya.

Menurutnya, sekitar 10 anak yatim akan dimandikan secara simbolis sebagai bagian dari acara petang belimau yang diselenggarakan oleh Pemko Pekanbaru. Namun, mandi di Sungai Siak tidak lagi dilakukan karena kondisinya yang berbahaya.

“Kalau untuk turun ke sungai tidak ada lagi karena banyak bahayanya. Jadi simbolis di atas, hiburannya di atas halaman Rumah Tuan Kadi,” pungkasnya.***

Editor: Fahrul  Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews