Perpustakaan Tenas Effendy Ajak Masyarakat Tetap Aktif Berliterasi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam semangat bulan Ramadhan, Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru terus mengajak masyarakat untuk tetap aktif dalam kegiatan literasi. Seperti pada Jumat 22 Maret 2024, Kampung Dongeng Pekanbaru bekerjasama dengan Pusdiklat Kemendikbud RI mengadakan kegiatan Cerah Ceria Ramadan yang turut di support oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru.

“Perpustakaan kini telah bertransformasi, tidak hanya memfasilitasi kegiatan membaca saja. Namun juga menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi yang bisa dilakukan dengan siapapun dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada. Seperti yang kita lakukan kali ini,” ungkap Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH, M.Si.

Puluhan anak-anak dari SD Negeri 88 Kota Pekanbaru yang turut serta dalam acara tersebut tampak menunjukan antusiasme besar saat menonton film edukasi, mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Kakak Mamiek dari Kampung Dongeng Pekanbaru hingga game-game seru lainnya.

“Harapannya anak-anak dapat menyerap makna atau hikmah dari tontonan dan cerita yang disampaikan, khususnya dalam memahami arti kejujuran sebagai bagian dari akhlak mulia pelajar Pancasila,” tambahnya.

Selain itu, Erna juga menekankan bahwa ajakan untuk berliterasi bukanlah sesuatu yang hanya terjadi di bulan Ramadan. Ini merupakan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di tengah masyarakat.

“Dengan terus menggelar berbagai kegiatan literasi. Kedepannya akan tercipta masyarakat yang cerdas, kritis, dan memiliki nilai-nilai yang kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara,” jelasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews