Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Sumbar, Akses Jalan Terputus

LAMANRIAU.COM,SUMBAR – Banjir Lahar Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), terjadi di dua titik bencana yang terletak di Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, dan Batu Taba di Kecamatan Ampek Angkek.

“Benar. Kami dapat laporan adanya banjir lahar dingin Gunung Marapi di dua titik di Agam yaitu Bukik Batabuah dan Batu Taba,” ucap Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ilham Wahab, Jumat 5 April 2024

Ilham juga menambahkan, saat ini tim BPBD Agam menuju ke lokasi untuk memantau kondisi dan menolong warga yang terdampak.

Namun demikian, pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa.  “Tim sudah turun ke lokasi. Mereka membawa alat-alat dan perahu. Jika dibutuhkan evakuasi, tentu segera dilakukan,” tambah Ilham.

Akses Jalan Terputus

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, banjir lahar juga menyebabkan putusnya akses jalan Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Titik putus tersebut terletak di Aie Angek, X Koto, Tanah Datar.

“Akses Jalan Padang-Bukittinggi terputus di Aie Angek karena banjir lahar dingin,” ujar Kalaksa BPBD Sumbar, Rudy Rinaldy, Jumat 5 April2024

Menanggapi kondisi itu, aparat kepolisian setempat terpaksa menutup akses  sampai kondisi memungkinkan untuk dilewati.  Hary mengatakan bagi pengendara yang dari Padang menuju Bukittinggi atau sebaliknya diminta melewati jalur alternatif lewat Malalak. 

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *