PD Muhammadiyah Pekanbatu Subsidi Rumah untuk Guru dan Karyawan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Pekanbaru melakukan terobosan guna meningkatkan kesejahteraan guru dan pegawai di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan, melalui subsidi pembelian rumah yang berlokasi di Jalan Toman (Sepakat), Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Barat.

Pengadaan rumah subsidi ini dengan menggandeng PT. Oxyndo Malay Pratama selaku pengembang perumahan dan didukung oleh Bank Tabungan Negara (BTN) Syari’ah dalam hal pembiayaan.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru melalui Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Dr. Irwandra, MA, selaku pihak yang mengkoordinasikan sekolah dan madrasah Muhammadiyah di Kota Pekanbaru dalam siaran persnya mengatakan, program ini merupakan salah bentuk dari upaya Pimpinan Daerah memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi para guru dan karyawan yang telah berjasa dalam merawat, mengembangkan dan meningkatkan sekolah dan madrasah yang ada di lingkungan Muhammadiyah Kota Pekanbaru.

“Kami sangat menyadari dan tentunya berterimakasih atas jasa dan pengorbanan yang telah diberikan kepada Persyarikatan Muhammadiyah khususnya, dan masyarakat Kota Pekanbaru umumnya dalam peran dan fungsinya untuk turut mencerdaskan kehidupan anak bangsa,” terangnya.

Apa yang dilakukan, katanya, masih jauh dari ideal dan sempurna, dengan harapan kedepan kesejahteraan guru dan karyawan yang mengabdi dan berbakti di lingkungan sekolah dan madrasah Muhammadiyah Kota Pekanbaru akan terus diupayakan untuk ditingkatkan.

“Sehingga para pejuang AUM ini bisa berkonsentrasi dan bekerja secara profesional dalam melakukan dakwah di bidang pendidikan di lingkungan sekolah dan madrasah Muhammadiyah,” sambungnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dr. Doni Martias, SE., MM selaku Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Muhammadiyah Kota Pekanbaru, Oksi Saputra, SE, Direktur PT. PT. Oxyndo Malay Pratama selaku pihak pengembang dan perwakilan dari BTN Syari’ah.

Doni Martias mengatakan, pada periode kepemimpinan Jabarullah, S.Sos dan Dr. Elfiandri, M.Si sebagai Ketua dan Sekretaris PDM Kota Pekanbaru, Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) akan berupaya menggali dan mengembangkan potensi yang ada di lingkungan Muhammadiyah Kota Pekanbaru.

“Saat ini, kita sudah mendirikan TravelMu yang melayani berbagai kebutuhan perjalanan warga Muhammadiyah, seperti studi tour, umroh, dan lainnya. Di bidang perumahan, bekerjasama dengan PT. Oxyndo Malay Pratama, MEBP dengan dibantu oleh Majelis Dikdasmen dan PNF melakukan pengadaan rumah bersubsidi bagi warga Muhammadiyah, khususnya guru dan karyawan AUM bidang pendidikan. Dengan subsidi dari pengembang, pengadaan rumah ini jauh lebih murah dari yang lainnya,” terang dia.

Pada bagian lain, Oksi Saputra, SE, Direktur PT. PT. Oxyndo Malay Pratama mengungkapkan, bahwa pengadaan rumah ini akan menempati lahan seluas 4 Ha lebih, dan direncanakan akan dibangun sebanyak 200 unit.

“Para peminat yang mendaftar di awal akan ditambah bonus lainnya, seperti AC atau carpot atau kulkas. Jika target ini terpenuhi, untuk fasilitas umum atau sosial akan diserahkan ke pihak Muhammadiyah untuk mengelolanya,” jelas dia.

Mengakhiri siaran persnya, Irwandra menambahkan, bahwa ini adalah bagian dari upaya Persyarikatan Muhammadiyah untuk memberikan perhatian dan penghargaan kepada para guru dan karyawan yang sudah mengabdi dan bekerja secara ikhlas di lingkungan sekolah/madrasah Muhammadiyah Pekanbaru.

Program ini merupakan yang kedua di Indonesia setelah pengadaan rumah subsidi oleh MEBP PDM Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Namun demikian, peruntukan pengadaan rumah subsidi ini juga tidak menutup peluang bagi warga Muhammadiyah secara umum, seperti para mubaligh yang tergabung ke dalam Korp Mubaligh Muhammadiyah (KMM), pegawai atau karyawan yang bekerja dan mengabdi di berbagai Amal Usaha Muhammadiyah. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews