Riau  

Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Melayu Riau dalam Upacara Harlah Pancasila 2024 di Dumai

Harlah Pancasila di Dumai

LAMANRIAU.COM, DUMAI – Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Melayu Riau saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Lapangan Pertamina Hulu Rokan, Dumai, pada Sabtu 1 Mei 2024.

Presiden Jokowi tampil dengan pakaian adat Melayu Riau berwarna hitam dengan corak keemasan, lengkap dengan tanjak. Baju tersebut juga pernah dikenakannya saat menerima gelar adat dari LAM Riau pada 2019 lalu.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Pancasila merupakan jiwa pemersatu bangsa dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk bersyukur atas kokohnya negara Indonesia yang tetap stabil di tengah gempuran ketidakstabilan dunia.

“Masyarakat harus bersyukur bahwa negara kita kokoh dan stabil,” katanya.

Ia juga menyebut negara hadir untuk masyarakat Indonesia. Negara juga berkomitmen atas pengembalian aset negara, salah satunya Blok Rokan.

“Blok Rokan di Riau ini merupakan upaya kita mengambil kembali aset negara, kita ambil alih dari Chevron yang telah dikelola selama 90 tahun. Ini bentuk nyata dari negara,” kata Jokowi

Jokowi juga mengapresiasi bahwa produksi Blok Rokan 162 ribu barel per hari. Merupakan hal yang membanggakan.

“Blok Rokan yang dikelola PHR saat ini 25 persen dari seluruh produksi nasional,” tukasnya

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Riau dengan mengikuti puncak upacara hari lahir Pancasila 1 Juni.

Upacara difokuskan di lapangan Upacara Komplek Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kota Dumai.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju turut mendampingi Presiden Jokowi dalam upacara tersebut.

Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto; Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; Ketua MPR RI Bambang Soesatyo; serta sejumlah menteri dan wakil menteri lainnya.

Selain itu, Pj Gubernur Riau dan seluruh Bupati serta Walikota di Riau juga turut hadir dalam upacara yang diikuti oleh Presiden Jokowi tersebut.

Tak hanya para pejabat, ribuan masyarakat umum juga antusias menunggu kehadiran Presiden Jokowi.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews