Menu Buka Puasa Ala Melayu Pesisir, Tepung Bungkus

Kue Tepung Bungkus

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bulan puasa selain meningkatkan amal ibadah bagi yang menjalankannya, juga sekaligus tempat sekolah kuliner bagi para ibu dan remaja. Selama sebulan penuh, harus berpikir berbagai resep untuk menyajikan buka puasa yang lezat.

Kali ini kami angkat makanan khas dari Melayu pesisir, Tembilahan, Selatpanjang, Bengkalis hingga ke wilayah Riau kepulauan. Tepung bungkus bukan lagi makanan asing bagi warga setempat. Penyajiannya tidak tergantung momen, tapi lebih sering untuk teman ngopi pagi.

Tepung bungkus, adalah kue berbahan tepung dengan kelapa sebagai inti yang dibungkus daun pisang. Lembut dan manis dan tentu mengenyangkan. Apalagi ini kue tradisional dibuat dengan bahan-bahan alami yang mudah.

Berikut resep kue tepung bungkus yang bisa kamu siapkan menjelang berbuka sore nanti.

Untuk porsi 30 buah

Bahan-bahan

– 1 bungkus tepung ketan rose brand 500 gr
– 100 gr tepung beras rose brand
– 1 sendok teh garam
– 500 ml air
– kapur sirih
– secukupnya daun pisang yang sudah dipotong dan dibersihkan

Bahan inti kelapa

– 1 butir kelapa parut yang agak muda
– 200 gr gula merah
– 100 gr gula pasir
– daun pandan
– air secukupnya

Cara membuat:

Buat inti: aduk rata kelapa parut, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan air. Masak sambil diaduk sampai matang dan kalis. Bentuk bulat-bulat.

Bahan kue: aduk rata tepung ketan putih, garam dan air kapur sirih. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Ambil sedikit bahan untuk inti dibaluri oleh bahan kue. Beri isi. Bentuk bulat.

Berikutnya aduk rata tepung beras, santan, garam, dan daun pandan. Masak diatas api sedang sambil diaduk sampai mengental.

Ambil daun pisang. Letakkan bahan inti, sendokkan bahan kue dan bungkus serta lipat sisa daunnya ke bawah. Kukus 30 menit di atas api sedang sampai matang. Sajikan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews