Masakan Ikan Patin Tempoyak Luar Biasa

Ikan Patin Tempoyak

LAMANRIAU.COM -Banyak sekali olahan masakan dari ikan patin yang biasa disiapkan untuk menu berbuka sore ini. Selain memiliki rasa yang khas patin juga memiliki tekstur dagingnya yang lembut. Ikan patin ini menjadi salah satu pilihan keluarga sebagai menu harian.

Kali ini ikan patin akan dikombinasikan dengan tempoyak tentunya akan sangat enak dan lezat. Karena tempoyak merupakan bahan dari duriah yang sudah dipregmentasikan. Tempoyak ini banyak dijumpai di daerah Sumatera dan juga Kalimantan.

Cara membuat ikan patin tempoyak ini sangat sederhana namun memiliki rasa yang khas ditambah dengan tambahan rempah berupa daun kessum yang bermanfaat untuk penyedap dan juga masakan menjadi harum. Daun kessum memang tidak mudah ditemukan, karena daun ini bisa dijumpai di daerah Kalimantan.

Namun tidak perlu khawatir untuk membuat ikan patin tempoyak sebetulnya untuk aroma wangi dan sedap bisa digantikan dengan daun kemangi ataupun daun salam karena fungsinya memang sama agar masakan menjadi harum.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat masakan ikan patin tempoyak berikut resep dan cara membuatnya spesial dari Selerasa.com.

Bahan-Bahan

– 200 kg ikan patin
– 3 sendok besar tempoyak (durian yang dipermentasi)
– daun kessum (bisa diganti dengan daun kemangi)
– 1 batang seri, dimemarkan
– ½ gelas air asam jawa
– gula secukupnya
– 1 helai daun kunyit
– garam secukupnya

Bumbu Halus:

– 2 cabe merah (ukuran besar)
– 10 biji cabe rawit
– 1 cm kunyit, dipotong-potong
– 1 cm jahe, dipotong-potong

Cara Membuat

Pertama dilakukan adalah memotong atau mengiris daun kunyit. Kemudian sisihkan. Selanjutnya ulek cabe rawit ditumbuk hingga sedikit lembut, setelah itu tambahkan cabe merah, ditumbuk kembali hingga sedikit halus, setelah itu tambahkan pula kunyit dan jahe, tumbuk kembali hingga semua tercampur dan halus, lalu tambahkan garam agar semua bahan yang ditumbuk mudah hancur dan lembut. Atau bisa menggunakan blender. Selanjutnya bahan yang ditumbuk simpan pada wajah yang sudah disiapkan diatas kompor.

Kemudian tempoyak ditumbuk sebentar agar tidak lengket, lalu tambahkan air secukupnya lalu tuang kedalam wajan yang sudah diisi tumbukan bahan tadi lalu aduk-aduk, tambahkan kembali air secukupnya. Lalu tambahkan air asam jawa, aduk kembali. Tambahkan serai, kemudian daun kessum atau bisa juga diganti dengan daun kemangi dan juga tambahkan daun kunyit yang sudah dipotong-potong kecil.

Selanjutnya nyalakan kompor dengan menggunakan api sedang biarkan hingga mendidih. Terakhir masukan ikan patin, lalu tambahkan garam secukupnya, kemudian gula secukupnya, lalu aduk sebentar dan tunggu hingga mendidih. Agar bumbu meresap kedalam ikan patin tersebut, gunakan api kecil lalu diamkan beberapa menit hingga mendidih dan matang. Ikan patin tempoyak siap dihidangkan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews