Jaga Ekosistem Sungai, Pemdes Sei Pasir Putih Kelayang Tebar Induk Ikan Nila di Sungai

Kepala Desa Sungai Pasir Putih (Paku II) Suradi bersama Camat Kelayang, Rosmidah, S.Sos dan perangkat desa melepas ikan nila ke sungai. (Foto: Asrul Hadi)

LAMANRIAU.COM, RENGAT –  Pelestarian ekosistem sungai dengan cara memelihara ikan disungai salah satu tindakan yang positif dan patut digerakkan.

Pemerintah Desa Sungai Pasir Putih Kecamatan Kelayang, Indragiri Hulu (Inhu), menebar 100 ekor induk ikan di dua sungai yang ada di wilayah desanya yaitu Sungai Batang Pudu dan Sungai Paku, Selasa 11 Oktober 2022.

Kegiatan ini dihadiri Camat Kelayang, Rosmidah, S.Sos, BPD dan sejumlah perangkat Desa. Induk ikan yang dilepas yakni jenis ikan Nila.

Alhamdulillah hari ini kita laksanakan kegiatan pelepasan induk ikan nila sejumlah 100 ekor,” kata Kepala Desa Sungai Pasir Putih (Paku II) Suradi.

Dirinya mengimbau kepada warganya agar dapat bersama menjaganya dan memelihara ikan yang sudah dilepas. Semoga kedepannya warga desa Sungai Pasir Putih dan sekitarnya dapat menikmati hasil ikan yang ditebar ini nantinya.

Induk ikan yang dilepas ini merupakan inisiatif pemerintah desa dan perangkat yang dengan sukarela membeli ikan tersebut untuk ditebar ke sungai.

Hal ini bukan untuk kepentingan pribadi, namun untuk warga desa dengan tujuan melestariakan ekosistem di sungai khususnya ikan.

“Saya mengimbau kepada warga desa Sungai Pasir Putih, dengan adanya pelestarian ikan di sungai, mari kita jaga bersama dan kedepannya masyarakat tidak lagi mencari ikan menggunakan racun dan setrum. Insyaallah ikan akan berkembang biak, dan hasilnya bisa di jual agar dapat menambah kebutuhan sehari hari,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *