lima Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

LAMANRIAU. COM, KESEHATAN-Ketika makan buah jeruk, kita biasanya membuang kulitnya begitu saja. Padahal, ada banyak manfaat kulit jeruk bagi kesehatan jika kita mengolahnya.

Dikutip dari Boldsky, Kamis (27/09/2018), phytochemical seperti limonene, bioflavonoid, vitamin C, dan kalium yang terkandung dalam kulit jeruk, membuat kulitnya jauh lebih bergizi dan sehat dibanding buahnya. Phytochemical dalam kulit jeruk punya sifat melawan kanker dan anti-inflamasi.

Sedangkan, potasium yang terkandung di dalam kulit jeruk dapat membantu mengelola tekanan darah. Berikut ini beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan;

Melindungi dari kanker

Kulit jeruk kaya antioksidan yang akan melindungi Anda dari kanker. Kulit jeruk seperti mandarin, lemon, dan grapefruit mengandung senyawa yang bisa mencegah segala bentuk kerusakan sel-sel akibat radiasi. Selain itu, tingginya kadar vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk dapat membantu meningkatkan dampak antioksidan di tubuh kita.

Mencegah diabetes

Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Life Sciences, mengungkap bahwa kulit jeruk yang mengandung flavones polymethoxylated (PMFs) bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

Menurut penelitian tersebut, tingkat trigliserida serum (TG), dan kolesterol dapat dikurangi dengan ekstrak kulit jeruk. Kedua hal ini merupakan pemicu diabetes dan juga obesitas.

Menurunkan tingkat kolesterol

Sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan Journal of Agriculture and Food Chemistry, memasukkan kulit jeruk ke dalam menu diet Anda bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena adanya PMF yang terkandung di dalam kulit jeruk.

Berdasarkan pengamatan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hamster, bahwa tingkat kolesterol jahat atau LDL dipotong hingga 40 persen. Sebelumnya hamster tersebut diberikan diet triggering kolesterol hanya 1 persen dari PMF.

Penelitian serupa juga dilakukan pada manusia dan menggambarkan hasil yang sama. Dimana  penurunannya diamati pada kadar kolesterol total. Selain itu, kulit jeruk juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, serta membantu menyembuhkan sakit maag.

Meningkatkan pencernaan

Kulit jeruk lemon diketahui bisa membantu pencernaan, seperti menghilangkan masalah kram dan asam lambung. Berdasarkan laporan dari Mother Earth Medicine, bahwa senyawa limonene yang ada pada kulit jeruk berfungsi sebagai obat untuk menahan rasa mulas.

Jadi, bila Anda menderita gangguan pencernaan, gastritis atau gangguan kesehatan lainnya, Anda bisa memasukkan kulit lemon ke dalam menu makanan.

Memerangi mikroba

Minyak yang terkandung dalam kulit jeruk, terutama lemon, memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmacology and Toxicology menyebutkan, kulit jeruk lemon punya sifat antibakteri, antivirus, serta anti-jamur.

Hal inilah yang akan membantu Anda melawan pilek dan flu. Kulit jeruk juga membantu melawan parasit usus, infeksi bakteri, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun cara mengkonsumsi kulit jeruk ini tentu tidak langsung dimakan begitu saja, tapi Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan cara memarutnya, lalu campurkan dengan smoothies, pie, yogurt, kue, atau mengolahnya sebagai salad dressing.

Peneliti juga menyarankan untu memilih jeruk yang organic, guna menghindari kemungkinan kulit jeruk terkontaminasi oleh pestisida. (Hrc) 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *