Bawaslu Kota Pekanbaru Gelar Acara Sosialisai Pengawasan Pemilu

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU –Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kota Pekanbaru kembali menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi masyarakat Kota Pekanbaru, Rabu (03/04) di Hottel Grand Elite Pekanbaru.

Acara yang diselenggarakan tersebut kali ini dihadiri oleh berbagai kelompok organisasi mahasiswa, oraganisasi tersebut seperti Ipemaru, Himakom Fisip UR, Himip UR, Himabisnis Fisip UR, Himpunan Mahasiswa Pariwisata, Almahdani Fisip UR dan elemen masyarakat lainnya.

Menurut Yasrib Yakub Tambusai, SH.MH Komisioner Bawaslu, sejauh ini pelaksanaan tahapan pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik. Dengan Sisa waktu  yang hanya sekitar 2 pekan. Dia mengharapkan pelaksanan pemilu berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Yasrib Yakub Tambusai, SH.MH mengatakan “Berjalannya pelaksanaan pemilu 2019 dengan baik memang sangat dibutuhkan pengawasan yang maksimal. Pengawasan menjadi merupakan tugas kita semua. Karena akan lebih efektif dilakukan pengawasan secara bersama,” jelasnya.

Sejauh ini, tidak banyak kasus sengketa pemilu terjadi di wilayah Pekanbaru. Pada musim pemilu 2019 ini, hanya 3 kasus yang masuk. 2 diantaranya adalah kasus money politik. 1 diantaranya sudah selesai dengan hasil tidak terbukti terjadi money politik. Sedangkan 1 kasus lagi masih dilakukan klarifikasi dan pemeriksaan saksi.Sambung Yasrib

Yasrib menerangkan “Kita baru menangani 3 kasus sengketa pemilu. Jauh dibawah jumlah kasus sengketa politik yang terjadi pada musim pemilu sebelumnya,” ujarnya.

Keberhasilan suatu pengawasan bukan ditentukan dari berapa jumlah banyaknya kasus yang ditangani. Melainkan keberhasilan penanganan pengawasan sedikitnya kasus sengketa pemilu.(Jar)**

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *