Akibat Makan Sampah Plastik, 9 Rusa Ini Mati

LAMANRIAU.COM, TOKYO – Sembilan ekor rusa mati setelah menelan kantong plastik di Taman Nara, Jepang. Pada Rabu (10/7), satu kelompok satwa liar memperingatkan bahwa lonjakan pariwisata mungkin bisa disalahkan.

Yayasan Pelestarian Rusa Nara menyatakan bahwa massa kantong plastik dan paket makanan ringan ditemukan di perut rusa yang mati antara Maret dan Juni pada tahun 2019.

“Sampah terbesar yang ditemukan di salah satu dari sembilan jumlahnya mencapai 4,3 kg. Kami terkejut. Itu sangat banyak,” kata pejabat yayasan Yoshitaka Ashimura kepada AFP.

Taman indah di ibu kota kuno Jepang ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 1.000 ekor rusa. Binatang ini bahkan dapat ditemukan berkeliaran di jalan-jalan untuk mencari kerupuk lezat yang ditawarkan oleh para wisatawan.

Sebenarnya wisatawan dilarang memberi makanan selain pakan rusa. Tetapi Ashimura mengatakan beberapa pengunjung menawarkan jenis makanan ringan lainnya.

“Rusa itu mungkin berpikir bahwa makanan ringan dan bungkus plastik yang menutupi keduanya adalah makanan. Hewan-hewan biasanya memakan rumput dan biji-bijian. Mereka mungkin juga memakan kantong plastik yang jatuh di tanah,” keluhnya. (bsc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *