Kombinasi Buah Terbaik yang Dikonsumsi Saat Sarapan

LAMANRIAU.COM – Mengonsumsi buah di waktu sarapan sangat baik bagi tubuh. Buah merupakan sumber serat, karbohidrat kompleks, vitamin serta mineral terbaik untuk sarapan.

Anda bisa mengonsumsi buah dengan memakannya langsung, jus atau dicampur dengan buah lainnya agar lebih banyak vitamin dan mineral yang bisa diserap tubuh kita.

Berikut macam-macam buah yang bisa dikonsumsi dengan fungsi bagi tubuh.

1. Ceri, blueberry dan nanas

Tiga buah ini dapat mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit sistem pencernaan.

Buah ceri mengandung senyawa antioksidan phenolic, sementara nanas mengandung enzim bromelain serta blueberry mengandung vitamin A,C,E.

Blueberry juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin untuk membantu bakteri pencernaan dalam proses metabolisme senyawa antioksidan phenolic. Oleh karena itu, blueberry jadi kombinasi buah terbaik bagi sarapan.

2. Pisang, alpukat dan apel

Ketiga buah ini baik dikonsumsi saat sarapan karena dapat memberikan energi di pagi hari dan merasa kenyang lebih lama.

Pisang mengandung karbohidrat, apel kaya akan serat serta alpukat merupakan sumber lemak menyehatkan.

Anda juga bisa mengonsumsi ketiga buah tersebut secara langsung atau mencampurkannya menjadi smoothie padat energi. Anda juga bisa mencampurkan yoghurt untuk memperkaya rasa dan mudah dicerna.

3. Kiwi, stroberi dan jeruk bali merah

Tiga komponen buah ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Ketiganya mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan mangga, pepaya atau nanas yang kaya vitamin C.

4. Pepaya, blackberry dan melon

Bagi Anda khususnya wanita bisa mengonsumsi tiga kombinasi buah ini untuk menjaga kecantikan kulit. Minumlah jus kombinasi buah ini secara rutin setiap pagi.

Pepaya mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta enzim papain yang bisa mencegah kerusakan kulit. Sementarablackberry mengandung senyawa antioksidan, vitamin A dan vitamin C.

Melon juga mengandung betakaroten bahan baku vitamin A yang bias menjaga kehalusan kulit dan rambut.

5. Lemon semangka dan goji berry

Tahukah Anda? Semangka kaya akan kandungan air, senyawa glutathione, likopen, vitamin A, serta vitamin C yang dapat membantu detoksifikasi.

Goji berry mengandung vitamin A,B,C,E serta zat besi dan kolin yang dibutuhkan hati untuk membuang racun dari tubuh.

Kombinasi buah tersebut semakin kaya jika ditambahkan perasan buah lemon. Perasan buah lemon mengandung senyawa antioksidan, antibakteri dan antiviral yang berlimpah. Anda bisa mengolahnya sebagai jus dan dapat menambahkan mentimun serta peterseli guna mengurangi kembung di pagi hari.

Kombinasi jenis buah dapat dikonsumsi saat sarapan, namun tetap perhatikan jumlah dan jenis buah yang Anda makan di pagi hari.

Ada jenis buah tertentu yang mengandung lebih banyak kalori dan gula seperti mangga dan pisang. Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu tetap perlu menjaga asupan gulanya agar tidak berlebihan, terutama jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau mengidap diabetes. (bsc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *