Markarius Anwar: PKS Riau Prioritaskan Kader Sendiri Maju di Pilkada 2020

Bendahara DPW PKS Riau, Markarius Anwar/Net

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Riau, Markarius Anwar, menegaskan bahwa partainya memprioritaskan kader-kader terbaik mereka untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 mendatang.

“Arahan Dewan Pimpinsn Pusat (DPP) tidak lagi hanya sekedar mendukung dan mengusung saja, namun PKS harus mengutamakan bagaimana agar kader sendiri yang bisa maju di Pilkada Serentak tahun depan,” ungkap Markarius Anwar kepada LAMANRIAU.COM, Kamis (25/7/2019) di Gedung DPRD Riau, Jln. Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

DPW PKS, menurutnya, sudah melakukan pemilihan umum internal untuk menjaring calon-calon dari internal partai yang akan dimajukan nantinya. Jika sudah mendapat dukungan dan diusulkan maka akan diproses dan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Partai juga menginginkan sampai sejauh mana tingkat keseriusan calon-calon yang ingin maju sebagai kepala daerah. Kepada kader PKS secara umum diminta untuk segera memproses calon-calon dari internal, dimunculkan agar disosialisasikan,” terang anggota Komisi IV DPRD Riau i

Soal prioritas mengedepankan kader-kader PKS sendiri, dijelaskan Markarius Anwar, bukan pula tanpa alasan. Pasalnya, pada pemilihan legislatif (Pileg) 17 April 2019 yang lalu, partai berlambang sabit kembar dan kapas ini sukses meraih suara yang cukup signifikan.

“Pada Pileg lalu PKS berhasil mendapatkan kursi dua kali lipat. Apalagi di Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru, kita bahkan dapat kursi pimpinan DPRD. Karenanya PKS optimis mengusung kader sendiri di daerah-daerah potensial,” pungkasnya.

Walaupun begitu, Markarius menambahkan, PKS tetap berkomunikasi serta melakukan lobi-lobi politik dengan partai lain. “Karena kita tidak mungkin maju sendiri, DPC di daerah juga ditugaskan untuk berkomunikasi dengan banyak partai,” ungkapnya

Seperti diketahui, di tahun 2020 mendatang, tercatat sebanyak 9 daerah di Provinsi Riau yang akan melaksanakan Pilkada Serentak.

Kesembilan kabupaten/kota tersebut adalah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kabupaten Siak dan Kotamadya Dumai. (bin)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *