Gubri Sebut Penanganan Karhutla Terus Dioptimalkan

Gubernur Riau, H Syamsuar/Net

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU –¬†Gubernur Riau, Syamsuar mengklaim bahwa penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau masih baik dan berjalan sesuai dengan prosedur berlaku.

Menurutnya, masalah Karhutla telah menjadi persoalan secara nasional, dengan kata lain penanganannya akan melibatkan semua pihak termasuk lapisan masyarakat terkecil.

“Alhamdulillah, sampai saat ini masih baik penanganannya. Termasuk disemua kabupaten kota masih melaksanakan sesuai petunjuk,” ungkap Gubri kepada media saat ditemui di kediamannya, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Menurut Syamsuar, pelaksanaan penanganan Karhutla di lapangan sesuai dengan arahan dan petunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Syamsuar juga mengklaim sampai saat ini belum ada hal-hal yang mengkhawatirkan terkait Karhutla yang terjadi di Riau.

“Hari ini Tim Satgas Karhutla tengah melaksanakan Rapat Koordinasi dan evaluasi di Posko. Penegasan khusus, ya, sama. Bagaimana penyuluhan dan sosialisasi lebih diaktifkan,” sebutnya.

Dia mengatakan sejak awal Pemprov Riau sudah keluarkan surat edaran kepada setiap bupati walikota se-Riau untuk dapat membantu bersama memadamkan api di setiap lahan yang terbakar. Termasuk BPBD, Polres, TNI bahkan hingga Camat untuk melakukan pencegahan.

Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan terdeteksi sebanyak enam titik. Hotspot itu muncul di Pelalawan sebanyak empat titik dan Inhil dua titik. (mediacenterriau)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *