PKS Riau Belum Pastikan Usung Calon Kepala Daerah Selain Kader

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka diri bagi tokoh masyarakat yang ingin maju di pilkada serentak sembilan daerah Riau.

Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief mengatakan, sejumlah tokoh sudah melakukan komunikasi awal untuk maju di pilkada serentak mendatang.

“Kalau sekarang ini baru komunikasi politik awal dilakukan, jadi dengan siapapun kami buka komunikasi politik,” ujar Hendry Munief, Minggu (18/8/2019).

Menurut Munief, memang sudah ada beberapa tokoh yang berdatangan, baik itu langsung ke DPW maupun tingkat DPD di kabupaten dan kota untuk komunikasi politik awal.

“Baru membuka komunikasi politik awal, jadi belum ada yang final, apakah kita akan usung tokoh lain di luar kader,” ulas Munief.

Namun lanjut Hendry Munief, pihaknya punya mekanisme dalam penetapan calon kepala daerah yang akan diusung. Termasuk dalam memberi ruang kepada kader internal PKS.

“Pemilihan Umum Intern PKS dilakukan terlebih dahulu untuk menetapkan calon dari internal, dipersilahkan untuk melakukan sosialisasi menghadapi pilkada,” ujarnya.

Berikutnya melakukan komunikasi politik dengan tokoh di luar kader. Tentunya PKS harus melakukan koalisi untuk bersama-sama mengusung dengan partai lain karena tidak bisa usung sendiri.

“Kecuali Bengkalis kami bisa usung sendiri dan Pekanbaru juga kami pemilik kursi terbanyak, namun tetap komunikasi untuk koalisi tetap dijalankan,” jelas Munief.

PKS juga sudah punya mekanisme dalam mengusung serta kriteria calon kepala daerah yang diusung, bila tidak memenuhi kriteria maka PKS tidak akan mau berkoalisi atau mengusung tokoh bersangkutan.

Pada tahun 2020 akan ada sembilan kabupaten dan kota di Riau menggelar pilkada serentak. Yakni Bengkalis, Siak, Pelalawan, Inhu, Kuansing, Rohil, Dumai, Meranti dan Rokan Hulu. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *