Siak  

Dispar Keluhkan Banyaknya Rombongan Masuk ke Istana Siak Tanpa Membeli Tiket

LAMANRIAU.COM, SIAK – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Siak mengeluhkan banyaknya pihak yang membawa rombongan masuk ke Istana Siak tanpa membayar alias gratis.

Hal ini tentu mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor wisatawan yang tahun ini ditargetkan cukup besar.

“Kita sudah berupaya keras untuk mencapai target, namun sejumlah pihak justru sering meminta layanan gratis masuk Istana Siak. Bahkan saat kunjungan membawa rombongan,” ujar Kepala Dispar Siak Fauzi Asni, Selasa (3/9/2019).

Tahun 2019 target PAD dari wisatawan Istana Siak dipatok Rp 2 miliar. Untuk mencapai itu, pihaknya sudah menaikkan harga tiket masuk (HTM) dari Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu per orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.

Sedangkan untuk HTM wisatawan asing Rp 25 ribu satu tiket. “Kita memang ditargetkan tinggi dalam penerimaan PAD sektor pariwisata, sesuai Perda APBD Siak 2019 khususnya dari tiket masuk Istana,” kata dia.

Fauzi Asni tidak menyebutkan secara spesifik pihak yang kerap meminta layanan masuk gratis. Namun ada dari unsur dinas (OPD), tamu pemerintah, tamu anggota dewan.

Bahkan pihak sekolah yang mau membawa siswanya berkunjung juga berupaya mendapatkan layanan gratis dan pemotongan nilai tiket. Padahal menurut dia, aturan dan harga harus berlaku umum.

“Tentu karena ini kami kesulitan. Satu sisi kami dituntut memenuhi target, namun disisi lain mempertimbangkan permintaan sejumlah pihak untuk gratis masuk. Ada pula yang minta diskon jumlah tagihan tiketnya,” kata dia.

Bendahara tiket masuk Istana, Junaidi juga menyampaikan keluhan yang sama terkait beratnya menanggung tercapainya target pendapatan tiket.

Masalahnya beberapa pejabat pemkab, organisasi, dan beberapa pihak selalu meminta gratis dan harga miring.

Saat Pemkab Siak kedatangan tamu mencapai 50 orang, tidak satupun masuk membeli tiket. “Kami bekerja harus mencapai target. Mestinya semua pihak memahami kondisi ini,” kata dia. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *