Riau  

PUPR Rampungkan Dokumen Perencanaan Tol Pekanbaru-Padang

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Rencana pembangunan ruas jalan tol yang menghubungkan Riau dan Sumatera Barat terus digesa. Perkembangan terbaru, belum lama ini pihak Kementrian PUPR mengajukan penetapan lokasi pengadaan tanah untuk pembangunan tol ruas Pekanbaru-Bangkinang.

“Lebih kurang 40 kilometer panjang ruasnya. Sekarang masih tahapan pengajuan penetapan lokasi pengadaan tanah oleh Pak Gubernur,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Provinsi Riau, Muhammad Amin, Senin 25 Oktober 2019.

Amin mengungkapkan, penetapan lokasi pengadaan tanah dari Gubernur Riau sangat perlu untuk pembangunan tol Pekanbaru-Padang. Sebab pembangunan insfrastruktur pada lahan seluas 5 hektare ke atas, harus ada penetapan lokasi oleh pemerintah provinsi dalam hal ini gubernur.

Untuk penetapan lokasi pengadaan tanah dari Gubernur Riau, ada beberapa tahapan yang harus lewati. Mulai dari tahapan perencanaan, kemudian tahapan persiapan, tahapan pengadaan dan terakhir tahapan serah terima.

“Sekarang sudah masuk proses tahapan perencanaan. Dokumen perencaannya sudah siap oleh Kementrian PUPR. Jadi untuk arah dan trasenya sudah survei juga,” jelas Amin.

Pada tahapan persiapan ini, pihaknya akan segera mengumumkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat. Khsusunya masyarakat yang akan terkena dampak dari pembangunan tol Pekanbaru-Padang.

“Nanti kita umumkan, lokasi pengadaan tanahnya dimana, kemudian trasenya, semua nanti kita umumkan oleh tim persiapan ketuanya Pak Sekda, SK masih dalam proses,” sebutnya.

Setelah tim terbentuk dan SK keluar, selanjutnya tim percepatan pembangunan tol Pekanbaru-Padang akan menggelar rapat bersama dengan melibatkan Pemkab Kampar.

“Pemkab Kampar nanti akan masuk ke dalam tim, termasuk camat, kepala desa akan terlibat dalam tim. Setelah tim terbentuk, kerja yang harus segera lakukan adalah pendataan awal. Kemudian melakukan konsultasi publik,” kata Amin.

Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang-Pekanbaru dengan panjang 254,8 kilometer.

Rutenya dari Padang menuju Bukittinggi sampai ke Pekanbaru. Untuk membangun ruas jalan tol Pekanbaru-Padang anggaran yang butuhkan mencapai Rp 78,09 triliun. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *