Siak  

Pemkab Siak Sosialisasi BUMKam Berbasis Syariah

Bupati Siak Alfedri saat membuka secara resmi sosialisasi Bumkam Syariah di gedung Tengku Mahratu, Siak.

LAMANRIAU.COM, SIAK – Pemkab Siak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), menggelar kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) berbasis syariah.

Acara sosialisasi BUMKam berbasis syariah di Gedung Tengku Mahratu Siak dibuka langsung oleh Bupati Siak Alfedri dengan dihadiri Kepala DPMK Siak Yurnalis Basri, para Camat, para Penghulu, serta ratusan perwakilan/pengurus BUMKam dari berbagai kampung se-Kabupaten Siak.

Dalam sambutan Bupati Alfedri menegaskan, dengan disosialisasikannya BUMKam syariah ini diharapkan nantinya seluruh kampung di Kabupaten Siak mampu menerapkan sistem pengelolaan BUMKam sesuai syariah.

“Ini baru tahap sosialisasi, mudah-mudahan ke depannya seluruh BUMKam yang ada di Kabupaten Siak bisa menerapkan sistem BUMKam syariah sesuai apa yang dipaparkan oleh narasumber di acara sosialisasi ini,” papar Bupati.

Pada acara tersebut, DPMK Kabupaten Siak juga menghadirkan narasumber Zulhendri dari Kabupaten Bengkalis, untuk memaparkan sekaligus menerangkan tentang metode BUMKam syariah yang saat ini sudah diterapkan di sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMK Siak Yurnalis Basri menuturkan, sejauh ini BUMKam yang ada di wilayah Kabupaten Siak sebagian besar sudah bisa dikatakan cukup maju dan berkembang. Bahkan juga sudah ada yang sempat meraih penghargaan atas prestasi yang telah dicapai.

“Terkait sistem pengembangan BUMKam ini, kita sudah sering mendapat arahan agar sistem pengelolaannya dijalankan secara syariah, agar nantinya tidak terindikasi adanya praktek riba di dalam manajemen pengelolaannya. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, bisa segera terwujud BUMKam syariah di Siak,” ujar Yurnalis. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *