Diskes di Daerah Harus Peka Sikapi Kasus Virus Corona

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Merebaknya virus corona dibeberapa negara tetangga harus disikapi serius dan penuh inisiatif bukan saja oleh otoritas kesehatan pemerintah pusat. Tetapi juga oleh Dinas Kesehatan di daerah terutama kawasan perbatasan.

“Perlu juga diwaspadai apakah virus tersebut dapat menyebar menggunakan media selain manusia, mengingat banyaknya barang masuk dari luar yang bisa dengan mudah berpindah tangan,” kata Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat, Cecep Suryadi di Jakarta, Ahad (26/1/2020).

Langkah cepat, menurut Cecep, harus diambil guna memastikan virus corona tidak menyebar di daerah-daerah di tanah air. Informasi serta merta harus segera disampaikan secara massif oleh badan publik seperti Kementrian Kesehatan, Pelindo, Angkasa Pura, serta pemerintah daerah.

“Misalnya di kabupaten Kepulauan Meranti, Batam, Tanjungpinang dan lain-lain dimana peredaran orang dan barang masuk sangat intens,” katanya.

Cecep meminta agar penyedia jasa perjalanan seperti maskapai penerbangan terutama yang melayani rute-rute yang berindikasi virus corona terdampak harus dipastikan aman masuk ke Indonesia.

“Termasuk maskapai juga harus memastikan kru yg bertugas aman ketika kembali bertugas dari luar negara,” tutupnya. (yus)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *