Pulo Sibandang, ‘Surga’ Tersembunyi di Danau Toba

Desa Sibandang/NET

LAMANRIAU.COM – Rasa penasaran terjawab tuntas, setelah kaki ini menginjak Pulo Sibandang. Sebelumnya, pulau kedua terbesar setelah Samosir yang ada di Danau Toba itu hanya terlihat kecil saat berdiri di Taman Sipinsur.

Pulo Sibandang (Kabupatan Tapanuli Utara), dan Taman Sipinsur (Kabupaten Humbang Hasundutan) adalah bagian dari 16 geosite yang ada di kawasan Danau Toba, hanya letaknya dan kabupatennya berbeda. Yang satu Taman Sipinsur di Humbang Hasundutan (Humbahas) sedangkan yang satu lagi Pulo Sibandang di Tapanuli Utara (Taput).

Untuk menuju kawasan Pulo Sibandang yang terletak di Kecamatan Muara ini, ada dua rute yang jadi pilihan, yaitu pertama bisa melalui via Parapat dan Dolok Sanggul Kedua rute tersebut tetap harus masuk melalui simpang Bandara Silangit atau Muara, kemudian lanjut terus menuju pelabuhan kapal yang terletak di Desa Unte Mungkur.

Dan jarak tempuh diantara kedua jalur itu, via Parapat 6 jam, lebih cepat 1 jam dibandingkan Dolok Sanggul yang jarak tempuhnya sekitar 7 jam.

Dari pelabuhan Desa Unte Mungkur, tempat penyeberangan kapal menuju ke Pulo Sibandang memiliki jarak sekitar 600 meter, dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Dan kapal merupakan alat transportasi utama di pulo tersebut, maka setiap hari selalu ada pergerakannya. Mengenai intensitas hilir mudiknya kapal tidak menentu, sebab tergantung pada banyaknya penumpang saat itu.

Di Pulo Sibandang ada tiga desa, antara lain Desa Sibandang, Papande dan Sampuran. Untuk Desa Sibandang memiliki luas sekitar 461 hektar. Kehidupan masyarakat adalah bertani bawang, kopi, coklat dan lebih dikenal dengan penghasil Mangga Toba.

Pulo Sibandang ini dikenal dengan Mangga Tobanya dari dulu. Apapun yang ditanam pasti tumbuh subur. Jadi bisa dikatakan sebagai tanah kepingan surga. Banyak hasil tanaman dari pulo ini.

Dan perlu diketahui, di Pulo Sibandang tepatnya di desa Sibandang sudah ada cottage yang posisinya di depan danau.

Disitu juga ada SMP Negeri 4 Muara dan empat sekolah dasar (SD) antara lain, SD Negeri di Desa Papande, Sampuran dan Sibandang sendiri ada dua sekolah. Masyarakat Pulo Sibandang juga dikenal sangat ramah. (SCO)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *