Mimi Yuliani Nazir: Pemprov Riau Sudah Siap Siaga Terkait Corovid-19

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah siap siaga terkait Corona Virus Disease (Corovid-19) dari bulan Januari, melalui rapat dengan lintas sektor yang terkait di Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir pada saat konfrensi pers antisipasi penyebaran corona di Provinsi Riau, Selasa (3/3/2020).

“Kami sudah edarkan surat kepada Dinas Kesehatan kota/kabupaten, seluruh direktur Rumah Sakit (RS) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk meningkatkan kesiagaan bagaimana kalau terjadi kasus Corovid-19 tersebut,” kata Mimi.

Selain itu, Pemprov Riau juga membentuk suatu tim di seluruh Riau di bidang kesehatan, bagaimana sebagai penanggung jawab dari provinsi yaitu Kadiskes Riau, dan untuk kesehatan di kabupaten/kota yaitu Kadiskes kabupaten/kota di wilayah kerjanya masing-masing.

Tidak hanya itu, Mimi juga menyatakan telah melakukan rapat bersama KKP Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan untuk melakukan deteksi dini menggunakan format scanner baik di pelabuhan maupun bandara.

“Mereka juga sudah melakukan rapat lintas sektor terkait diwilayahnya masing-masing untuk melakukan kesiapsiagaan. Ini dilakukan oleh KKP di seluruh Provinsi Riau,” imbuhnya.

Lanjutnya, kesiapsiagaan ini didukung juga oleh Gubernur Riau dengan mengeluarkan Surat Edaran dari tanggal 10 Februari kepada bupati/walikota se-Provinsi Riau dalam mempersiapkan kesiagaan kasus corona tersebut.

Mimi juga sebut, seluruh RS rujukan dan RS kabupaten sudah dilakukan pembagian alat pelindung diri. Karena untuk pelaksanaan kasus ini harus menggunakan alat pelindung diri yang khusus untuk melakukan tindakan-tindakan apabila terjadi kasus corona.

“Kegiatan-kegiatan mensosialisasikan terhadap kasus ini kepada masyarakat juga kita lakukan di Provinsi Riau. Kita membuat media edukasi ditempat-tempat tertentu yang ada di Riau. Kita melakukan ini agar masyarakat tidak panik,” tandasnya. (PB)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *