Hindari Coronavirus, Biasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU Penularan Coronavirus salah satunya melalui tangan yang digunakan untuk menutup mulut karena batuk dan bersin, Dokter spesialis Paru Rumah Sakit Umum Arifin Ahmad Provinsi Riau, Sintia Ziana Putri mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Sering-sering cuci tangan baik itu menggunakan sabun dan air ataupun hand sanitizer, itu merupakan bagian dari pola hidup bersih dan sehat,” kata Sintia saat menjadi narasumber literasi kesehatan pada acara Pekan Aksi Riau yang bertema Aksi Literasi Pelajar, Mahasiswa, dan Komunitas di teras lantai dasar Perpustakaan Wilayah Soeman HS, Ahad (8/3/2020).

Dokter Sentia juga menjelaskan serta mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar dihadapan masyarakat yang hadir Di Pekan Aksi Riau.

“Agar tangan kita tetap bersih sebaiknya kita menggunakan enam langkah mencuci tangan yang baik dan benar,” katanya.

Dokter Sentia mengatakan gerakan yang harus dilakukan diantaranya adalah menggosok telapak tangan, menggosok punggung tangan, menggosok sela jari, menggosok bagian dalam jari, membersihkan bagian ibu jari dan membersihkan kuku-kuku jika menggunakan air bilas dengan air.

“Mencuci tangan salah satu cara mudah dan efektif agar kita terhindar dari infeksi Coronavirus,” katanya.

Selain itu pola hidup bersih dan sehat diantaranya adalah memakan makanan yang bergizi, banyak minum air mineral, istrahat yang cukup, olahraga dan disarankan memasak masakan yang benar-benar matang terutama diolah dari hewan. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *